09 October 2017

Khasiat Buah Mahkota Dewa


Khasiat Buah Mahkota Dewa, Ampuh Menyembuhkan 12 Macam Penyakit
Buah mahkota dewa mempunyai berbagai macam kandungan yang ada di dalamnya. Orang-orang tidak akan tahu apa saja manfaat dari tanaman mahkota dewa jika tidak mengetahui kandungan yang terdapat didalam mahkota dewa ini. Berikut ini berbagai macam kandungan yang ada di dalam tanaman mahkota dewa.

Khasiat Buah Mahkota Dewa, Ampuh Menyembuhkan 12 Macam Penyakit

Tanaman obat adalah Jenis-jenis tanaman yang memiliki fungsi dan berkhasiat sebagai obat dan dipergunakan untuk penyembuhan ataupun maupun mencegah berbagai penyakit, berkhasiat obat sendiri mempunyai arti mengandung zat aktif yang bisa mengobati penyakit tertentu atau jika tidak memiliki kandungan zat aktif tertentu tapi memiliki kandungan efek resultan / sinergi dari berbagai zat yang mempunyai efek mengobati.
Penggunaan tanaman obat sebagai obat bisa dengan cara diminum, ditempel, dihirup sehingga kegunaannya dapat memenuhi konsep kerja reseptor sel dalam menerima senyawa kimia atau rangsangan.
Tanaman obat yang dapat digunakan sebagai obat, baik yang sengaja ditanam maupun tumbuh secara liar. Tumbuhan tersebut digunakan oleh masyarakat untuk diracik dan disajikan sebagai obat guna penyembuhan penyakit.

Seperti tanaman yang satu ini, yaitu tanaman  Mahkota dewa, yanaman Mahkota dewa bisa kita sebut dengan simalakama, merupakan salah satu tanaman obat dari Indonesia, tepatnya dari daerah Papua atau Irian Jaya. Bagian yang biasa dimanfaatkan untuk pengobatan selain daun adalah buahnya, yang mempunyai warna hijau ketika masih mentah dan akan berubah menjadi merah ketika sudah matang.

Buah mahkota dewa mempunyai berbagai macam kandungan yang ada di dalamnya. Orang-orang tidak akan tahu apa saja manfaat dari tanaman mahkota dewa jika tidak mengetahui kandungan yang terdapat  didalam mahkota dewa ini. Berikut ini berbagai macam kandungan yang ada di dalam tanaman mahkota dewa.
1.Zat alkaloid, zat alkaloid yang ada pada mahkota dewa ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. fungsinya yaitu untuk membersihkan racun dalam tubuh.
2.Flavonoid, mahkota dewa juga mempunyai kandungan flavonoid. Sebenarnya, zat ini bukan hanya ada pada mahkota dewa, zat flavonoid juga ada pada tanaman lain.
3.Polifenol, kandungan yang selanjutnya yaitu polifenol. Zat tersebut mempunyai anti terhadap alergi.
4.Antioksidan, dalam kulit buah mahkota dewa ternyata kaya akan kandungan antioksidan. Seperti manggis yang kulitnya juga mengandung antioksidan.

Saat ini, banyak orang yang belum memanfaatkan tanaman mahkota dewa ini sebagai tanaman obat. Hal tersebut dikarenakan banyak orang yang belum mengetahui apa saja manfaat mahkota dewa bagi kesehatan. bukan hanya itu saja, masyarakat belum mau memanfaatkan mahkota dewa sebagai tanaman obat karena kadar racunnya yang tinggi. Tetapi agar tidak teracuni, jangan menggunakan bagian biji mahkota dewa. Bagian biji inilah yang memiliki racun. Berikut ini berbagai macam manfaat dari tanaman mahkota dewa.

Menurunkan Gula Darah

mahkota dewa bisa di manfaatkan sebagai obat  penurun kadar gula di dalam darah. Kandungan saponin yang terdapat di dalam mahkota dewa bisa menurunkan kadar gula darah. Air rebusan mahkota dewa cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes dengan kadar gula yang tinggi. Cara menurunkan kadar gula menggunakan mahkota dewa adalah
Siapkan 5 buah mahkota dewa, iris tipis-tipis rebus bersama air bersih sebanyak 5  gelas hingga menyisakan setengahnya.
minum tiga kali sehari.
Peredaran Darah Menjadi Lancar

Manfaat dari mahkota dewa lainnya adalah membuat peredaran darah menjadi lancar. Zat yang terdapat pada mahkota dewa yang dapat melancarkan peredaran darah adalah zat flavonoid di dalam mahkota dewa. Jika peredaran darah lancar, maka tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit serta juga gangguan kesehatan.
Menurunkan Kolesterol

Salah satu penyakit yang harus diwaspadai adalah penyakit kolesterol. kolesterol bisa menyebabkan berbagai macam penyakit komplikasi yang membahayakan bagi tubuh. Untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dapat menggunakan buah mahkota dewa, zat flavonoid di dalam mahkota dewa dapat menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh.
Mengobati Tumor

Tumor dapat dihilangkan serta diobati menggunakan kulit mahkota dewa kering yang direbus. Kandungan antioksidan yang ada di dalam kulit mahkotra dewa, sama banyaknya dengan kandungan antioksidan di dalam kulit manggis kering.
Mengobati Flu Dan Batuk

Flu dan batuk yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus. Kandungan pada mahkota dewa ada yang bersifat antivirus sehingga bisa mengobati flu dan batuk pada tubuh.
Mengobati Jantung Koroner

Jantung koroner yaitu penyakit jantung yang mematikan. Untuk mengobati penyakit jantung koroner adalah dengan membuat aliran darah ke jantung menjadi lancar. Zat flavonoid pada mahkota dewa dapat melancarkan aliran darah di pembuluh darah.
Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker Dan Tumor

Kandungan antioksidan yang terdapat pada kulit mahkota dewa kering dapat bermanfaat untuk mencegah timbunya sel kanker dan juga selt umor.
Obat Asam Urat

Zat flavonoid pada mahkota dewa dapat menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Jika kadar asam urat dapat diturunkan maka penyakit asam urat pun dapat diobati serta juga dihilangkan.
Obat Disentri

Disentri adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri. Disentri dapat  disembuhkanmenggunakan buah simalakama ini  karena zat saponin di dalam mahkota dewa bersifat anti bakteri. Cara menggunakan adalah sebagai berikut ini :
SiapkaN kulit buah mahkota dewa kering sebanyak 6 gram.
Siapkan air bersih 5 gelas.
Lalu Rebus biarkan sampai mendidih dan menyisakan setengahnya.
Minum sebanyak tiga kali sehari.
Mengobati Hepatitis

Penyakir hepatitis disebabkan oleh virus. Untuk mengobati penyakit hepatitis, dapat menggunakan mahkota dewa. Zat saponin dalam mahkota dewa bermanfaat untuk mengobati penyakit hepatitis. Cara adalah sebagai berikut ini :
Siapka 5 gram daging mahkota dewa.
Pegagan sebanyak 15 gram.
Daunsambiloto kering sebanyak 10 gram.
Air bersih sebanyak 5 gelas.
Daun dewa sebanyak 15 gram.
Campursemua bahan dan kemudia rebus sampai tersisa tiga gelas.
Minum air rebusan tersebut  tiga kalisehari
Mengeluarkan Racun dari Tubuh Secara Alami

Secara tidak disadari makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh dapat menjadi racun, terutama makanan dan minuman yang banyak menggunakan zat aditif. Kandungan alkaloid dalam buah simalakama ini dapat membantu Anda dalam menghilangkan racun di dalam tubuh.
Mengurangi Risiko Alergi

Kandungan polifenol pada buah mahkota dewasa mempunyai efek perlindungan terhadap alergi dan mengurangi potensi alergi. Umumnya mahkota dewasa mempunyai khasiat antihistamine sehingga bisa mencegah alergi.
Nah itulah beberapa manfaat buah mahkota dewa, namun yang harus Anda diketahui, selalu konsultasikan dahulu penyakit Anda pada dokter sebelum memutuskan menggunakan obat herbal.

Powered By Adtival

No comments: