Tuesday, October 10, 2017

15 Presiden Paling Photogenic di Dunia


15 Presiden Paling Photogenic di Dunia
Menjadi Presiden sudah pasti akan jadi buronan banyak fotografer dan wartawan. Ada beberapa presiden di dunia, sepanjang sejarah yang sangat "photogenic". Mereka begitu mempesona saat difoto. Tiap potretnya seolah-olah hidup. Siapa sajakah mereka?

15 Presiden Paling Photogenic di Dunia

Ada hubungan yang erat antara media dan politik. Bahwa media bisa menjadi alat propaganda. Salah satu unsur dari media adalah konten. Yaitu wacana yang diproduksi untuk menggambarkan fenomena yang terjadi. Wacana tidak selalu berisi teks berupa tulisan, tetapi bisa pula berisi gambar, suara, karya seni, musik, bahkan arsitektur.
Seperti kata Jacques Derrida bahwa "tidak ada sesuatu di luar teks"
Oleh karena teks tidak hanya berwujud tulisan, maka segala sesuatu yang mengisi ruang sosial, politik dan budaya dapatlah diteliti sebagai suatu teks. Cara menelitinya bisa menggunakan pendekatan semiotika atau hermeneutika. Keduanya sama-sama menjadi pendekatan ilmiah untuk mengkaji masalah simbol-simbol teks.
Gambar sebagai salah satu wujud teks bisa ditampilkan melalui foto. Jadi, foto karya para fotografer sesungguhnya termasuk jenis "teks" yang patut diteliti. Fotografi tidak hanya bicara soal "foto itu sendiri", namun ada makna yang tersirat di dalamnya. Seorang fotografer yang handal harus mampu menangkap tiap "moment istimewa" yang sedang terjadi. Menangkap dengan baik menggunakan kameranya, agar moment itu abadi sebagai peristiwa yang terkenang.
Jika media bisa menjadi alat propaganda. Maka foto sebagai salah satu konten media pun demikian. Seringkali dijadikan alat propaganda. Berbagai pencitraan dilakukan melalui foto. Di mana ada seorang pemimpin sedang beraksi, maka fotografer akan selalu mengiringi. Bahkan banyak fotografer memang khusus disiapkan untuk mengikuti acara para pemimpin.
Presiden di berbagai penjuru dunia selalu menjadi incaran para fotografer. Baik yang memang khusus dari tim kepresidenan atau para fotografer jalanan yang bertindak seperti seorang Paparazzi. Semuanya berlomba-lomba mengabadikan "moment terbaik" dari presiden. Dan di saat inilah terjadi sedikit "permainan kepentingan". Foto dari para fotografer itu dijadikan pencitraan bagi sepak-terjang politiknya. Fotonya terlalu kaku, hanya menampilkan sisi-sisi yang seolah merakyat.
Presiden Paling Photogenic di Dunia
Namun demikian, ada presiden yang memang "photogenic". Dalam artian, saat dirinya difoto, maka ia akan tampil begitu mempesona. Wajahnya memancarkan kedamaian. Tiap kegiatan yang sedang dilakukan bisa menjadi pelajaran sepanjang zaman. Banyak fotografer yang mengikutinya ke mana pun ia melangkah. Potretnya bahkan melampaui foto. Bisa terpampang di mana pun. Menjadi poster, mural, atau sekadar stiker di kendaraan.
Presiden siapa saja kah yang kalau difoto sangat "photogenic"? Ternyata inilah jawabannya:

1. Soekarno

Siapa yang tidak kenal dengan Soekarno? Apalagi warga negara Indonesia, tentu semua tahu bahwa beliau adalah presiden pertama Negara Kesatuan Republik Indonesia. Beliau dapat dinobatkan sebagai presiden paling photogenic di dunia. Meski sudah meninggal, namun potretnya abadi di mana-mana. Arsip Nasional RI maupun dokumentasi para fotografer dan jurnalis selalu bisa mengambil "moment istimewa" dari beliau.
Presiden Soekarno memang dikenal sebagai sosok yang suka "difoto". Beliau membiarkan fotografer dan juru tulis (wartawan) selalu ada di sekelilingnya. Bahkan di luar acara kenegaraan juga difoto. Misalnya sedang main bola atau piknik bersama keluarga. Bung Karno memang punya karisma yang luar biasa kuat. Parasnya sangat tampan, senyumannya manis, sungguh photogenic.
Soekarno
Presiden Paling Photogenic di Dunia, Foto Bung Karno Paling Ganteng

2. John F. Kennedy

John F. Kennedy adalah presiden Amerika Serikat ke-35. Ia juga menjadi presiden paling photogenic di dunia. Semasa hidupnya bersahabat baik dengan Bung Karno. Sayangnya ia meninggal tidak wajar karena ditembak seorang snipper yang hingga sekarang simpang siur siapa.
Semasa menjabat sebagai presiden, ia terkenal sangat populis. Di mana pun kakinya melangkah, fotografer akan mengikuti. Namun tidaklah seperti Bung Karno yang mana kamera-kamera illegal paparazzi yang membuntuti. Kalau Kennedy lebih banyak fotografer kepresidenan. Meski demikian, senyumnya memang manis. Karismanya tak kalah dari Bung Karno. Cocok diletakkan di urutan kedua sebagai presiden photogenic.
John F Kennedy
Presiden Paling Photogenic di Dunia, Foto John F. Kennedy Paling Ganteng

3. Vladimir Putin

Putin bisa dibilang sebagai salah satu presiden paling terkenal di era globalisasi. Siapa yang tidak kenal dengan namanya? Presiden Rusia ini memang disegani oleh masyarakat dunia. Ia dianggap membawa pengaruh baik bagi ekonomi rusia. Di bidang politik luar negeri, presiden yang cinta damai ini juga terkenal diplomatis.
Vladimir Putin dinobatkan sebagai presiden paling photogenic di dunia. Bersanding dengan presiden-presiden lainnya. Ia pun memperoleh dukungan dari kalangan muslim. Lantaran banyak membela hak-hak orang yang beragama Islam di Rusia. Senyuman Putin dan sorot matanya sungguh tulus dan karismatik.
Vladimir Putin
Presiden Paling Photogenic di Dunia, Foto Vladimir Putin Paling Ganteng

4. Soeharto

Patutlah memasukkan Pak Harto di urutan ke-4 sebagai presiden paling photogenic di dunia. Pasalnya, presiden kedua Republik Indonesia ini dikenal sebagai pemilik senyuman maut. Jika beliau sedang senyum, rasanya sungguh sangat tampan terlihat. Meski dikenal sebagai presiden otoriter, namun senyuman manisnya itu tidak akan pernah dibantah oleh siapapun. Sungguh manis dan karismatik.
Soeharto semasa hidupnya juga banyak mendokumentasikan dirinya. Seluruh media dikendalikan oleh beliau. Hanya berita-berita yang mendukung orde baru saja yang boleh dipublikasikan. Jika ada yang mengkritik rezimnya, maka akan dibredel. Namun kalau urusan difoto, Pak Harto paling jagoan. Sungguh nampak perwira dan ganteng.
Soeharto
Presiden Paling Photogenic di Dunia, Foto Soeharto Paling Ganteng

5. Kim Jong Un

Kim Jong Un sangat terkenal sebagai presiden menyeramkan. Bagaimana tidak? Ia memimpin negara komunis Korea Utara. Satu-satunya negara di dunia yang mengisolasi diri dari pergaulan dengan dunia luar. Hidup warga negaranya diatur dari bangun tidur sampai tidur lagi. Segala gerak-gerik diawasi! Dan jika ada yang menentang kekuasaannya bakalan mati.
Presiden Korut, Kim Jong Un, meski masih muda namun memiliki sikap yang sungguh tegas. Perawakannya memang gempal dan gagah. Dengan cukuran rambutnya yang khas. Yang terkadang dijadikan parodi. Namun dunia patut kagum padanya. Di tengah derasnya arus globalisasi politik dan ekonomi, Korea Utara masihlah menerapkan sistem lamanya yang tertutup.
Kim Jong Un
Presiden Paling Photogenic di Dunia, Foto Kim Jong Un Paling Ganteng

6. Barrack Obama

Obama bisa dibilang sebagai presiden Amerika Serikat yang namanya sangat dikenal masyarakat kontemporer. Apalagi di benak masyarakat Indonesia, Obama memang punya tempat tersendiri. Ia dianggap memiliki ikatan darah dengan Indonesia, semenjak ibunya menikah dengan orang Indonesia.
Barrack Obama juga cocok dicap sebagai presiden paling photogenic di dunia. Dengan kulit hitamnya yang eksotis dan senyumannya. Tubuhnya yang kurusan, tapi pola pikirnya yang maju. Ia membawa Amerika Serikat menjadi lebih merakyat. Senyumannya membuat dunia kagum, bahwa tidak selamanya negara adidaya itu garang.
Barrack Obama
Presiden Paling Photogenic di Dunia, Foto Barrack Obama Paling Ganteng

7. Gus Dur

Gus Dur dikenal sebagai presiden Indonesia dari kalangan cendekiawan Islam. Darah NU mengalir deras dalam dirinya. Beliau adalah salah satu presiden yang memiliki banyak penggemar. Hingga hari ini, foto Gus Dur terpampang di mana-mana, dalam selembaran banyak gerakan sosial, terutama Islam moderat. Beliau pun dihormati oleh kalangan tionghoa karena banyak membela hak-hak mereka.
Foto-foto Gus Dur dianggap sebagai foto presiden paling photogenic di dunia. Berbagai ucapannya diabadikan menjadi quotes-quotes inspiratif. Patutlah bersyukur, bangsa Indonesia pernah dipimpin beliau. Walaupun cuma sebentar.
Gus Dur
Presiden Paling Photogenic di Dunia, Foto Gus Dur Paling Ganteng

8. Muammar Gaddafi

Muammar Gaddafi adalah pemimpin Libya. Dia berasal dari trah Arab Badui. Selama puluhan tahun memimpin Libya, Gaddafi berhasil membuat dunia barat bersikap kesal padanya. Karena ia cukup protektif terhadap negaranya. Namun ia seorang yang revolusioner dan mendukung ide-ide kebebasan. Di usia 27 tahun, beliau sukses menjadi pemimpin kudeta tanpa darah untuk menggulingkan kekuasaan Raja Idris I. Dan mengganti sistem politik Libya menjadi sistem negara rakyat. Atau dikenal dengan nama Jamahiriya.
Gaddafi orang yang dipandang sangat unik. Kegemarannya kalau sedang kunjungan kerja adalah membangun tenda, layaknya orang-orang Arab tempo dulu. Ia pun memiliki banyak tentara perempuan bersenjata. Hal yang paling unik dari beliau, sehingga menjadi photogenic, nampaknya adalah pakaiannya yang selalu begitu. Sebuah pakaian khas yang sebut saja sebagai "seragam gaddafi".
Muammad Gaddafi
Presiden Paling Photogenic di Dunia, Foto Muammar Gaddafi Paling Ganteng

9. Fidel Castro

Fidel Castro adalah seorang pemimpin revolusi Kuba yang dianggap sangat otoriter dan diktator. Meski wajahnya penuh welas asih, memancarkan kasih sayang. Namun jangan ditanya soal sepak-terjang politik dan ilmu tata-negaranya. Ia menjadi presiden Kuba sejak tahun 1976 hingga 2008. Sungguh lama sekali, ya? 32 tahun. Sama seperti Pak Harto.
Majalah Forbes menempatkannya menjadi salah satu orang paling kaya di dunia. Ini karena tuduhan tak berdasar bahwa ia memiliki simpanan bank sebanyak 900 juta USD. Bagaimana ini bisa terjadi? Sedangkan gaji Fidel Castro sendiri sebagai presiden Kuba hanya sebanyak Rp350.000/bulan, jika di-kurs-kan dalam rupiah. Jadi, tuduhan Forbes dan media mainstream soal Fidel ini dianggap fitnah. Meskipun ia menduduki takhta begitu lama, namun jiwanya merakyat dan sederhana.
Fidel Castro
Presiden Paling Photogenic di Dunia, Foto Fidel Castro Paling Ganteng

10. Nelson Mandela

Nama Nelson Mandela sangat terkenal di bidang HAM. Karena ia yang mendukung hak-hak orang berkulit hitam agar setara dengan yang berkulit putih dalam segala hal. Ia menjabat sebagai presiden Afrika Selatan pada tahun 1994 hingga 1999. Wajah Mandela begitu bersahaja. Yang mana justru ini menjadikannya sebagai presiden paling photogenic di dunia.
Nelson Mandela pernah mendekam dipenjara sepanjang 27 tahun. Dikarenakan sepak-terjangnya sebagai aktivitis anti-apartheid dan anti-kolonial. Dia dipandang mengancam pemerintah dan menyusun kudeta. Meski demikian, dunia internasional sungguh menghargai jerih payahnya. Ia bahkan sampai menerima penghargaan hadiah nobel perdamaian tahun 1993.
Nelson Mandela
Presiden Paling Photogenic di Dunia, Foto Nelson Mandela Paling Ganteng

11. Hugo Chavez

Hugo Chavez adalah presiden Venezuela dari tahun 1999 sampai tahun 2013. Wajahnya sangat humoris dan sederhana. Tidak ada tampang garang. Ketika difoto, dunia akan tahu bahwa ia memang salah satu presiden paling photogenic di dunia. Ia lahir dari keluarga miskin. Maka cita-cita politiknya pun memberantas kemiskinan.
Chavez sangat dicintai rakyat Venezuela. Ketika bencana alam banjir melanda. Ia pun membuka pintu istana kepresidenan menjadi tempat untuk mengungsi. Hugo Chavez tahu benar bagaimana bersikap menjadi presiden. Ia akan terkenang dalam sejarah Venezuela. Sebagai bapak yang baik bagi rakyat.
Hugo Chavez
Presiden Paling Photogenic di Dunia, Foto Hugo Chavez Paling Ganteng

12. Donald Trump

Entah karena dunia begitu demam dan memuja Barrack Obama atau bagaimana. Sejak pemilu AS menobatkan Donald Trump sebagai pemenang pemilu dan presiden Amerika Serikat ke-45, rakyat Amerika dan rakyat dunia menyinyir. Menolak keras dan kecewa. Wajah Trump memang lucu dan imut. Sosok bapak tua yang nampaknya sangat humoris. Tapi sejak ia memimpin, dunia menafsirkan bahwa USA akan menjadi negara yang sangat jahat. Islam akan ditendang dari sana.
Foto-foto Donald Trump memang nampak sebagai presiden paling photogenic di dunia. Sampai-sampai rambut dan mimik wajahnya. Serta ucapan-ucapannya dibuat candaan dalam bentuk meme. Trump bukan hanya objek kritik dan sorotan masyarakat AS. Melainkan jadi objek nyinyiran banyak orang di planet bumi.
Donald Trump
Presiden Paling Photogenic di Dunia, Foto Donald Trump Paling Ganteng

13. Enrique Pena Nieto

Enrique Pena Nieto mungkin masih asing bagi masyarakat dunia. Dia adalah presiden paling kelihatan ganteng bak model. Serta tentunya presiden peling photogenic di dunia. Wajahnya sungguh rupawan. Ia lebih cocok jalan di catwalk, daripada jalan di istana negara. Tapi mau bagaimaka lagi, dia itu presiden Meksiko. Ia masih menjabat presiden petahana Meksiko hingga sekarang.
Karirnya memang dianggap sangat cemerlang dan berpengaruh di negara-negara Amerika Latin. Meski tampak masih muda,sebenarnya dia sudah tua loh. Lahirnya saja tahun 1966. Tapi memang sangat good looking presiden yang satu ini. Pantas saja jadi buruan fotografer.
Enrique Pena Nieto
Presiden Paling Photogenic di Dunia, Foto Enrique Pena Nieto Paling Ganteng

14. Erdogan

Rasanya berdosa jika tidak memasukkan presiden Turki ini. Erdogan juga salah satu pemimpin negara yang namanya sangat dikenal. Apalagi semenjak kudeta Turki belum lama ini. Erdogan sangat dicintai rakyat Turki. Dia mengembalikan Turki pada kejayaannya yang sempat terpuruk karena reformasi sosial-politik dari sistem kerajaan Islam ke sistem sekuler-kapitalis.
Wajah Erdogan yang sederhana dan karismatik sangat bagus sekali difoto. Menjadikannya salah satu presiden paling photogenic sepanjang sejarah dunia. Fotonya banyak dipakai dalam kampanye ide-ide tentang Islam yang mampu sinergi dengan zaman. Turki sungguh beruntung dipimpin olehnya.
Erdogan
Presiden Paling Photogenic di Dunia, Foto Erdogan Paling Ganteng

15. Salman bin Abdulaziz Al Saud

Dan yang terakhir dinobatkan sebagai presiden paling photogenic adalah Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud. Meski bukan presiden, melainkan Raja. Namun ia selalu diikuti kamera. Wajahnya selalu jadi sorotan. Belum lagi iring-iringan bodyguard dan keluarga kerajaan yang selalu mengikutinya tiap kali kunjungan kenegaraan.
Raja Salman memang membuka definisi baru soal Kerajaan Arab. Bahwa Arab, meskipun kerajaan, namun bisa berdiplomasi dengan negara-negara yang menganut sistem lain. Meskipun menganut sistem sosial dan politik Islam, namun masih mampu menerima demokrasi sebagai sahabat.
Salman Bin Abdul Aziz Al Saud
Presiden Paling Photogenic di Dunia, Foto Salman Bin Abdul Aziz Al Saud
Powered By Adtival

No comments: