10 October 2017

10 Tanaman yang Memiliki Manfaat Luar Biasa dan Tak Terduga



10 Tanaman Biasa Namun Memiliki Manfaat yang Luar Biasa dan Tak Terduga
Tanaman liar seringkali dianggap gulma dan tak banyak orang yang mengetahui manfaat dari tanaman liar ini. Padahal tidak semua tanaman liar tidak berguna, nyatanya ada beberapa tanaman liar yang memiliki khasiat bagi kesehatan.

10 Tanaman yang Memiliki Manfaat Luar Biasa dan Tak Terduga

Tanaman liar seringkali dianggap gulma dan tak banyak orang yang mengetahui manfaat dari tanaman liar ini. Padahal tidak semua tanaman liar tidak berguna, nyatanya ada beberapa tanaman liar yang memiliki khasiat bagi kesehatan.
10 Tanaman Biasa Namun Memiliki Manfaat yang Luar Biasa

Apa kabar guys, kali ini mimin hadir dengan membawakan sebuah artikel yang insyaallah bermanfaat untuk kalian semua. Terkadang, tanpa kita sadari banyak sekali hal di sekitar kita yang kita anggap tidak terlalu penting atau berguna justru bisa memberikan manfaat yang tak terduga untuk kita semua. Contohnya tanaman-tanaman liar ini, tanaman liar seringkali dianggap gulma dan tak banyak orang yang mengetahui manfaat dari tanaman liar ini. Padahal tidak semua tanaman liar tidak berguna, nyatanya ada beberapa tanaman liar yang memiliki khasiat bagi kesehatan. Berikut beberapa tanaman liar yang memiliki khasiat bagi kesehatan :

1.Alang-alang/Lalang
Lalang merupakan salah satu jenis tanaman liar yang sering dijumpai di pinggir jalan. Alang-alang memiliki ciri ujung daun runcing dan panjang. Alang-alang dapat dimanfaat kan sebagai obat panas dalam, sariawan, dan mengatasi mimisan. Cara Menggunakan : ambil beberapa akar alang-alang, bersihkan akar dan rebus, tunggu hingga air menyusut, tuangkan kedalam gelas tunggu hingga hangat atau dingin. Bila perlu dapat ditambahkan gula merah atau madu secukupnya

2.Anting-anting
Anting-anting merupakan tanaman yang sering di anggap gulma dan memiliki ciri memiliki tajuk yang tidak terlalu besar, batang yang kecil serta tinggi dapat mencapai 50cm. Tanaman ini dapat di manfaat kan sebagai obat menghetikan pendarahan, mimisan, dan sebagai antibiotik.
Cara Mengolah :
Cuci bersih 30-60g tumbuhan anting-anting kering
Rebus dengan 2 gelas air
Tunggu beberapa saat hingga air berkurang 1 gelas
Diam kan hingga dingin
Minum 1/2 gelas sehari 2 kali
 

3.Bandotan
Bandotan merupakan tanaman liar yang sering tumbuh di area persawahan. Tanaman ini memiliki ciri baunya menyerupai bau kambing. Tanaman ini juga dapat di manfaat kan sebagai obat untuk menyembuhkan luka lecet atau terkena benda tajam.
Cara Mengolah :
Sediakan 2 helai daun bandotan
Bersihkan daun tersebut dengan air hangat atau air bersih
Remas daun bandotan dan tempelkan pada luka
Lalu bungkus luka dengan pembalut luka
 

4.Bayam Duri
Bayam Duri adalah tanaman liar sejenis bayam namun pada batangnya terdapat duri tajam. Sering tumbuh di lahan pertanian, namun dibalik itu semua tanaman ini memiliki khasiat sebagai obat gusi berdarah dan gusi bengkak.
Cara Mengolah :
Siapkan daun bayam duri dan siapkan genteng (alas pembakaran)
Bakar daun bayam duri di atas genteng
Tumbuk hingga halus
Oleskan pada gusi yang bengkak
 

5.Jamur Kuping (Kulat)
Jamur kuping merupakan tanaman yang sering di temui pada kayu yang mati atau lapuk dan tumbuh di tempat yang lembab. Jamur Kuping memiliki tekstur jelly yang unik. Jamur ini mempunyai khasiat sebagai obat panas dalam, melancarkan BAB, dan lain-lain. Jamur kuping di konsumsi sebagai campuran sup dan olahan lainnya.

6.Kitolod
Kitolod merupakan tanaman liar yang mudah tumbuh di tempat lembab. Tanaman ini memiliki ciri batang hijau dan bergetah, daun berwarna hijau, panjang, bergerigi dan runcing di bagian ujung. Getah kitolod mempunyai racun akan tetapi bagian lain memiliki kandungan antikanker, dan antiradang. Tanaman ini berkhasiat sebagai obat sakit gigi dan menyambuhkan luka.
Cara Mengolah :

Siapkan 2 helai daun kitolod
Cuci hingga bersih
Tumbuk hingga halus
Taruh pada lubang gigi yang sakit
 

7.Teratai
Teratai adalah tanaman yang tumbuh di air atau di atas permukaan air. Ciri tanaman ini memiliki daun yang lebar, daun dan bunga terdapat di atas permukaan air. Tanaman ini berkhasiat sebagai obat mimisan dan obat panas dalam.
Cara Mengolah :
Siapkan beberapa akar teratai
Cuci sampai bersih
Jus akar teratai
Saring kedalam gelas kemudian konsumsi

8.Rumput Teki

Rumput Teki merupakan tanaman liar sejenis rumput yang sering tumbuh di area persawahan, tepi jalan dan tempat-tempat terbuka. Tanaman ini memiliki ciri daun panjang dan berbunga serta tumbuh umbi pada akarnya. Tanaman ini berkhasiat untuk menurunkan demam dan memperbaiki siklus menstruasi.
Cara Mengolah :
Siapkan umbi dari tanaman teki
Bersihkan umbi
Iris dengan ukuran secukupnya dan jangan terlalu lebar agar cepat kering
Keringkan dengan cara diangin-angin (jangan terkena matahari langsung)
Seduh serbuk umbi teki 6-9g dengan air mendidih
Tutup wadah dan diamkan hingga agak dingin
Lalu saring ampasnya kemudian minum air seduhan tersebut
Dapat diminum beberapa hari menjelang mestruasi


9.Cincau (Cylea barbata, Miers.)
Menurut penelitian para ahli, tumbuhan ini mengandung zat sejenis karbohidrat yang mampu menyerap air, sehingga daunnya menjadi padat. Apabila segenggam daun cincau diremas-remas dengan satu rantang air, akan diperoleh cincau berupa agar-agar seperti dijual di pasar-pasar. Selain mengandung zat karbohidrat , cincau juga mengandung zat lemak dan sebagainya.
Penyakit Yang Dapat Diobati :
Diare (Sakit perut), Hipertensi, Demam;
Pemanfaatan :
1. Sakit Perut dan Hipertensi
Bahan: daun cincau secukupnya
Cara membuat: daun cincau diremas-remas, dengan air matang,
disaring dan dibiarkan beberapa saat sampai berbentuk agar-agar,
kemudian ditambah santan kelapa dan pemanis dari gula kelapa.
Cara menggunakan: dimakan biasa

2. Demam
Bahan: akar cincau secukupnya
Cara membuat: disedu dengan air panas dan disaring
Cara menggunakan: diminum biasaI


10. Puteri Malu
Tumbuhan Puteri Malu atau si kejut biasa terdapat dan tumbuh di pinggir jalan, pekarangan rumah yang banyak rumputnya, dan di tanah lapang. Sifat tanaman ini cepat berkembang biak, tumbuh tidur di tanah, kadang-kadang tegak. Batang berbentuk bulat, berbulu dan berduri. Daun kecil-kecil tersusun majemuk, bentuk lonjong dengan ujung lancip, warna hijau terkadang ada yang warna kemerah-merahan.
Bila daun disentuh akan menutup (sensitif plant). Bunga bulat seperti bola, warna merah muda, bertangkai. Tumbuhan ini mempunyai nama lain: Mimosa asperata, Blanco, Familia, dan Mmosaccae.
Putri malu bermanfaat untuk mengobati susah tidur (insomnia), radang saluran nafas (bronchitis), panas tinggi pada anak-anak, herpes (radang kulit karena virus), cacingan (ascariasis) dan rheumatik.

tulah guys ke 10 tanaman liar yang ternyata sangat bermanfaat bagi manusia, oke sekian dulu artikel dari mimin, semoga artikelnya bermanfaat dan mohon maaf jika terdapat salah kata.
Powered By Adtival

No comments: