Tuesday, October 10, 2017

6 Cara ternakan Burung Kenari


6 Cara Budidaya Burung Kenari yang Baik dan Benar
Burung kenari adalah salah satu burung peliharaan yang banyak diminati banyak orang, karena burung tersebut memiliki kicauan suara yang sangat bagus dan menarik.

6 Cara ternakan Burung Kenari yang Baik dan Benar

Burung kenari adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang dijadikan sebagai koleksi dalam setiap kehidupan, karena tidak sedikit juga hewan jenis tersebut bisa dijadikan sebagai bahan penopang kehidupan manusia. Ada yang untuk dikonsumsi dan ada pula yang dijadikan sebagai hewan peliharaan, salah satunya burung kenari.
Cara Budidaya Burung kenari yang baik dan benar
Burung kenari
Burung yang salah satu ini adalah salah satu burung yang banyak dicari oleh para kolektor, karena peminat untuk memiliki burung kenari ini sangatlah besar. Sehingga tidak sedikit para peternak dan para petani lainnya, menjadikan hal tersebut sebagai ladang penghasilan, karena petani yang kreatif dan memiliki wawasan yang luas maka dia akan berpikir ke arah yang lebih positif. Menjadi seorang budidaya peternak kenari mungkin saja memperoleh keuntungan yang sangat besar. Hal tersebut harus didasari dengan cara yang benar dalam beternak burung kenari.
1. Peliharalah Burung Kenari lebih dari dua ekor
Kenapa dalam hal ini harus memiliki burung lebih dari dua ? karena jika satu maka dalam pembudidyaan burung tersebut tidak akan berjalan dengan lancar, karena kalau hanya memilihara hanya satu ekor mau bagaimana berkembang biak, maka disarankan kepada para peternak burung kenari agar memeliharanya lebih banyak agar dalam proses perkembangbiakannya juga cepat.
2. Bedakan antara Kenari Betina dan Jantan

pilih kenari jantan dan betina
Kenari Jantan dan Betina
Membedakan kenari jantan dan betina ini adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan dan perlu tahu, karena kalau tidak tahu seperti apa yang betina dan jantan maka, dalam membudidayakan burung tersebut tidak akan berhasil. Inilah cara membedakan burung kenari antara jantan dan betina
Bentuk Tubuh
Bentuk tubuh kenari mungkin akan terlihat sangat berbeda ada yang kecil dan besar, biasanya kenari jantan secara kasat mata berbentuk lebih ramping dengan bentuk tubuh yang memanjang. Sedangkan burung kenari betina biasanya memiliki bentuk tubuh yang bulat dan pendek.
Bentuk Telur
Dalam membedakan bentuk telur juga adalah hal yang harus dimiliki oleh para peternak, karena untuk jadi peternak yang sukses tidak hanya saja mengandalkan banyak burung tetapi harus juga mengetahui bagaimana bentuk telur tersebut agar mudah dibedakan antara betina dan jantan.
Biasanya telur jantan pada umumnya memiliki bentuk yang lonjong sedangkan untuk telur yang betina memiliki bentuk yang agak bulat, nah ketika sekarang anda baca hal ini maka anda akan tahu seluk beluk dalam dalam pembudidayaan burung kenari.
Kicauan Burung Kenari
Dalam hal ini biasanya kenari yang jantan akan selalu banyak kicauan tetapi sebaliknya burung kenari yang betina akan lebih banyak diam, mungkin hal tersebut akan mudah untuk dibedakan.
3. Persiapan Kandang
Persiapan kandang
kandang kenari
Dalam hal ini, pembuatan kandang kenari adalah salah satu bagian yang sangat penting, karena untuk membuat ternak kenari adalah salah satu hal yang sangat penting, selayaknya kita membuat rumah dengan layang dan bebas dari gangguan, maka burung kenari juga ingin memiliki sebuah kandang yang aman dan bebas dari gangguan yang akan mengancam hidupnya.
Bahan pembuatan sangkar atau kandang kenari juga harus dipersiapkan dengan matang dan harus terbuat dari bahan yang sangat kokoh seperti alumunium dan bahan yang lainnya. Karena kalau buat kandang kenari untuk ternak dari bahan yang mudah rusak, maka dalam membudidyakan burung kenari juga tidak akan berhasil sepenuhnya seperti apa yang dibayangkan.
4. Pilih Usia Burung Kenari
Memilih usia burung kenari mungkin saja hal yang perlu diperhatikan juga, karena dengan memilih usianya yang lebih matang, mungkin saja dalam membudidayakan burung kenari juga akan cepat berbuah hasil. Beda lagi kalau memilih burung kenari yang masih muda biasanya dalam hal berkembang biak akan cukup lama dan susah untuk lebih banyak menghasilkan budidaya burung kenari tersebut.
5. Ketahuilah ciri-ciri burung kenari yang siap diternak 
Burung kenari
Ciri-ciri Burung Kenari
Mengetahui ciri-ciri burung kenari juga harus diperhatikan, karena kalau tidak diperhatikan membudidayakan burung tersebut tidak akan berhasil. Maka disini sebelum melanjutkan ke proses perkawinan kenari harus ketahui terlebih dahulu ciri-cirinya.
Kenari betina biasanya sayapnya diterbangkan atau dimainkan oleh sendirinya, itu pertanda kalau dia siap untuk di kawinkan.
Apabila burung kenari jantan di dekatkan ke burung kenari betina maka si jantan akan mengejar-ngejar si burung kenari betina dengan cepat dan bebas.
Apabila burung kenari betina sudah mulai membuat sarang, itu tandanya si betina siap ternak.
6. Proses Menjodohkan Burung Kenari
Menjodohkan Burung kenari
Menjodohkan Burung kenari
Cara ini adalah cara yang sangat penting, karena proses perkawinan kalau hanya semaunya dia, maka tidak akan berjalan dengan lancar, maka sebagai para peternak jika proses menjodohkan kenari jangan asal-asalan. Sebagai para petani ternak jangan terburu-buru dalam menyatukan antara jantan dan betina ke satu kandang. Seharusnya burung tersebut sebelum di satu kandangkan pisahkan terlebih dahulu kandangnya namun didekatkan dengan lawan jenisnya, jika mereka keduanya sudah cocok maka masukan pada satu sangkar atau satu kandang.
Tetapi jika kenari tersebut tidak cocok, kemudian dimasukan kedalam satu kandang, pasti keduanya akan cekcok atau berkelahi, maka hal tersebut dalam menjodohkan juga harus dipelajari dan harus tahu cara yang baik dan benar.
Jika hal tersebut sudah bisa dilakukan oleh para peternak maka lihatlah bagaimana kondisi mereka berdua dalam satu kandang, apabila sarangnya sudah kotor cobalah anda ganti sebagian dengan yang bersih dan simpan kembali di tempatnya agar diperbaharui lagi oleh burungya dan biasanya setelah di dalam sarangnya sudah ada bulu-bulu halus kenari maka tidak akan lama lagi untuk bertelur.
 
Powered By Adtival

No comments:

YouTube

Loading...