Tuesday, October 10, 2017

9 Kesan Buruk Memakan Organ Dalaman Haiwan Bagi Kesehatan


9 Dampak Buruk Makan Jeroan Bagi Kesehatan
Meski terlihat nikmat dan menggiurkan, nyatanya mengkonsumsi jeroan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut ini ulasan mengenai 9 dampak buruk jeroan bagi kesehatan.

9 Kesan Buruk Memakan Organ Dalaman Haiwan Bagi Kesehatan

Jeroan yang biasanya diolah menjadi masakan adalah ginjal, hati, jantung,lidah, otak, usus dan perut dari hewan. Pada umumnya jeroan berasal dari hewan ayam, kambing atau sapi. Selain itu, ada juga jeroan ikan seperti insang dan telur ikan.
Konsumsi Jeroan Di Berbagai Negara
9 Dampak Buruk Makan Jeroan Bagi Kesehatan
Jeroan Hewan
Mengkonsumsi jeroan hewan erat kaitannya dengan budaya setempat. Beberapa -negara memperlakukan jeroan dengan cara yang berbeda - beda.
Negara Amerika mengolah jeroan hanya sebagai makanan ternak dan tidak dikonsumsi oleh manusia. Negara eropa seperti Spanyol, Italia dan Turki mengolah jeroan hewan sebagai masakan tradisional. Di negara Afrika, jeroan menjadi makanan khusus yang disajikan hanya pada upacara – upacara tertentu. Dikalangan masyarakat Asia mengonsumsi jeroan adalah hal yang biasa, terlebih Indonesia. Namun tidak semua suku di Indonesia memperlakukan jeroan dengan cara yang sama, misalnya suku minang tidak memanfaatkan kulit ayam dan jeroan sebagai bahan masakan.
Di Indonesia sendiri jeroan umumnya diolah menjadi masakan yang sangat menggugah selera dan memiliki rasa yang lezat dan gurih seperti gulai, soto, hingga sate. Inilah yang membuat jeroan memiliki penggemar kulinernya sendiri.
Namun nyatanya selain rasanya yang lezat, jeroan juga berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut ini dampak buruk jeroan bagi kesehatan.

1) Keracunan

9 Dampak Buruk Makan Jeroan Bagi Kesehatan
Keracunan
Banyak ahli mengatakan bahwa selain mengandung berbagai nutrisi, jeroan juga mengandung racun. Hati atau liver dan ginjal hewan penuh dengan racun yang berasal dari darah hewan. Beberapa kandungan racun dalam jeroan antara lain kadmium , merkuri, timah, kromium, arsenik, dan selenium. Liver pada hewan memiliki fungsi yang sama dengan fungsi liver manusia. Racun – racun yang terbawa oleh darah akan mengendap di dalam liver. Sehingga mengkonsumsi liver hewan sebenarnya sama saja seperti mengonsumsi racun. Kondisi keracunan seperti ini tidak terjadi segera setelah makan jeroan, namun akan terakumulasi dalam tubuh dan menyebabkan timbulnya penyakit jika sudah terakumulasi dalam jumlah berlebihan.
Kondisi keracunan akibat jeroan ini akan memiliki dampak reaksi yang cepat pada mereka yang tidak memiliki gaya hidup sehat seperti jarang berolahraga dan kurang asupan gizi dari buah dan sayur.

2) Infeksi Parasit

9 Dampak Buruk Makan Jeroan Bagi Kesehatan
Infeksi Parasit
Di dalam organ dalam hewan terdapat berbagai macam parasit yang terbawa melalui makanan selama hewan itu masih hidup. Tidak ada yang benar – benar tahu bagaimana hewan tersebut makan dan tidak ada yang dapat memastikan apakah seekor hewan benar - benar terbebas dari parasit. Mengonsumsi jeroan akan meningkatkan risiko terkena infeksi yang diakibatkan oleh parasit yang ada di dalam organ dalam hewan.

3) Asam Urat

9 Dampak Buruk Makan Jeroan Bagi Kesehatan
Asam Urat
Jeroan dapat menjadi penyebab utama timbulnya asam urat. Anda yang tengah menderita asam urat sebaiknya tidak memakan jeroan karena dapat memperparah kondisi sakit yang sedang Anda alami. Jeroan memiliki kandungan purin tinggi yang dapat menimbulkan gejala asam urat tinggi.

4) Kolesterol Tinggi

9 Dampak Buruk Makan Jeroan Bagi Kesehatan
Kolesterol Tinggi
Jeroan mengandung kolesterol dan lemak yang tinggi. Kolesterol tinggi dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit pada jantung seperti jantung koroner, menjadi penyebab obesitas, memicu darah tinggi dan menjadi penyebab stroke hemoragik. Otak,usus dan hati adalah bagian jeroan yang mengandung penyebab kolesterol tinggi.Dampak buruk ini dapat dikurangi dengan asupan buah seperti tomat yang dapat membakar lemak dalam tubuh manusia.

5) Gangguan Pencernaan

9 Dampak Buruk Makan Jeroan Bagi Kesehatan
Gangguan Pencernaan
Bagian jeroan yang dapat menimbulkan gangguan pencernaan adalah usus. Selain teksturnya yang keras sehingga sulit dicerna oleh sistem pencernaan manusia, usus hewan juga mengandung banyak bakteri karena merupakan organ dari sistem pencernaan. Proses pengolahan usus yang kurang bersih dan higeinies dapat menyebabkan gejala nyeri pada perut bagian bawah. Proses pengolahan yang higienis adalah kunci untuk menghindari terjadinya gangguan pada pencernaan setelah dikonsumsi.

6) Gangguan Pertumbuhan Janin

9 Dampak Buruk Makan Jeroan Bagi Kesehatan
Gangguan Pertumbuhan Janin
Ibu hamil sangat tidak disarankan memakan jeroan. Kandungan pada jeroan dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan janin pada ibu hamil. Sejumlah penelitian menyatakan bahwa Ibu hamil yang mengkonsumsi jeroan dapat menyebabkan alergi.

7) Penyebab Munculnya Jerawat

9 Dampak Buruk Makan Jeroan Bagi Kesehatan
Penyebab Munculnya Jerawat
Mengkonsumsi jeroan yang dimasak dengan santan berlemak dapat menimbulkan jerawat pada wajah. Mengkonsumsi jeroan yang diolah dengan santan berlebihan juga dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering, gelap dan keriput hal ini terjadi karena akumulasi lemak jahat dari jeroan dan makanan bersantan. Lemak pada jeroan dan masakan bersantan dapat membuat kadar minyak di bawah kulit yang meningkat dan mengakibatkan penyumbatan pada pori - pori kulit. Pori – Pori yang tersumbat akan menimbulkan jerawat.

8) Sakit Pada Kepala Bagian Belakang

9 Dampak Buruk Makan Jeroan Bagi Kesehatan
Sakit Pada Kepala Bagian Belakang
Beberapa orang tertentu merasakan sakit di kepala bagian belakang setelah memakan jeroan. Sakit kepala ini dapat dipicu oleh kandungan didalam jeroan. Jika sakit kepala tidak segera hilang bahkan setelah Anda berhenti mengkonsumsi jeroan, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter .

9) Gangguan Pada Jantung

9 Dampak Buruk Makan Jeroan Bagi Kesehatan
Gangguan Pada Jantung
Proses pengolahan jeroan yang kurang baik dan tidak higeinis serta kandungan di dalam jeroan dapat menyebabkan gangguan pada jantung. Hal ini terutama terkait dengan lemak jahat yang dihasilkan dari gabungan jeroan dan masakan bersantan.
Tips Setelah Mengkonsumsi Jeroan
Sebaiknya anda meminum air perasan lemon atau olahan jus Lemon. Lemon dapat mempercepat pembakaran lemak di dalam tubuh. Yogurt dan Susu juga dapat menjadi alternatif lain selain air perasan lemon. Yoghurt dapat melancarkan sistem pencernaan. Buah apel juga bisa mengurangi kolesterol jahat yang ada di tubuh setelah memakan olahan jeroan.
Demikianlah ulasan mengenai 9 dampak buruk jeroan bagi kesehatan.
Powered By Adtival

No comments:

YouTube

Loading...