09 October 2017

6 Negara Pembuat Smartphone Terbaik Di Dunia

6 Negara Pembuat Smartphone Terbaik Di Dunia
Persaingan smartphone yang semakin ketat belakangan ini membuat setiap vendor harus berjuang dan berusaha untuk menciptakan teknologi seta fitur baru dalam smartphone andalan mereka. Berikut adalah beberapa negara pembuat smartphone terbaik di dunia.

6 Negara Pembuat Smartphone Terbaik Di Dunia

Perkembangan teknologi kebelakangan ini memang sudah semakin pesat, tidak terkecuali dengan perkembangan smartphone. Setiap brand dan vendor dari setiap negara berusaha untuk membuat dan menciptakan smartphone yang canggih. Tidak hanya itu, setiap vendor juga berusaha menciptakan dan inovasi terbaru yang lebih canggih dari para rivalnya. Maka tidak heran jika belakangan ini memang semakin banyak smartphone yang memiliki fitur unggulan khas masing – masing vendor. Bukan hanya dari segi desain dan body, spesifikasi  yang mumpuni pun menjadi suatu keharusan untuk smartphone keluaran belakangan ini. Desain yang dibuat semenarik mungkin, seperti layar dengan tipe bezelless tentu akan semakin menambah minat konsumen untuk membelinya, begitu juga dengan spesifikasi yang mumpuni diperlukan untuk kinerja membuka aplikasi dan multitasking yang lancar. Nah, para vendor smartphone ini biasanya berasal dari suatu negara tertentu. Beberapa di antara vendor smartphone yang baik, berasal dari satu negara, namun tidak selamanya demikian karena banyak juga vendor dari negara lain. Berikut adalah beberapa negara pembuat smartphone terbaik di dunia.

1. China. 

Xiaomi Mi Mix 2
China - Negara Pembuat Smartphone Terbaik
Tentu sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika pabrikan smartphone dari China memang sangat berjaya belakangan ini. Selain harganya yang murah, spesifikasi yang ditawarkan juga cukup mumpuni dan tidak kalah dengan vendor smartphone dari negara lain. Walaupun memang masih tergolong baru dalam debut persaingan smartphone dalam ajang internasional, namun brand – brand smartphone dari China sudah terbukti mampu memmiliki pasar dengan cakupan yang sangat luas. Kita tentu setuju jika smartphone asal Korea Selatan, seperti Samsung selalu masuk dalam golongan banderol harga yang cukup mahal, padahal spesifikasi pas-pasan. Nah, jika kita menginginkan smartphone yang lebih murah namun dengan spesifikasi yang tidak kalah, maka smartphone-smartphone dari China akan siap menunggu. Beberapa smartphone terkenal dan sudah mendunia dari China adalah Oppo, Xiaomi, OnePlus, Meizu, dan ZTE. Ada Juga merek Motorola yang sudah dibeli dan dimiliki oleh Lenovo dari China dan Alcatel yang sudah dibeli oleh TCL. Hal ini semua menunjukkan jika brand smartphone dari China memang tidak bisa dianggap sepele.

2. Korea Selatan.

Samsung Galaxy S8 dan S8+
Korea Selatan - Negara Pembuat Smartphone Terbaik
Negara yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi debutnya dalam pasar smartphone sampai ke kancah internasional. Hal ini terbukti dengan brand Samsung yang sudah dikenal cukup luas di setiap negara dan selalu memiliki pasar tersendiri di setiap negara, walaupun harganya lumayan tinggi. Bukan hanya smartphone, Samsung juga terkenal dengan peralatan elektronik rumahan yang sudah mendunia dan sudah ada sejak lama. Selain Samsung, ada juga brand LG yang cukup eksis dari Korea Selatan. Walaupun memang tidak sehebat dan sebesar brand Samsung, namun LG juga selalu mampum untuk tampil dan tidak goyah oleh persaingan smartphone yang semakin panas. Penjualan smartphone dari brand LG memang jauh lebih sedikit dibandingkan penjualan smartphone Samsung. Selain itu, produk yang diciptakan oleh LG juga jauh lebih sedikit, namun mereka tetap bertahan dan tidak jarang mengeluarkan smartphone dengan spesifikasi yang cukup menggoda. Hal ini bisa kita buktikan ketika beberapa waktu lalu brand ini memperkenalkan LG G6 sebagai penantang mereka untuk menghadapi Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S8+ yang sudah duluan diperkenalkan.

3. Jepun.

Sony Xperia
Jepang - Negara Pembuat Smartphone Terbaik
Bukan hanya berjaya dengan teknologi otomotifnya, negara Jepang juga cukup dikenal dalam teknologi smartphone. Walaupun memang tidak sehebat brand dari Korea Selatan, namun smartphone Sony dari Jepang selalu memiliki prestige tersendiri dan sudah cukup dikenal sejak lama. Pabrikan Sony sudah memproduksi ponsel sejak dulu ketika masih zamannya ponsel jadul  yang hanya bisa digunakan untuk telepon dan berkirim pesan. Eksistensi mereka pun dipertahankan sampai sekarang dengan menciptakan Sony seri Xperia yang cukup handal dan cukup mumpuni dalam hal spesifikasi.

4. Taiwan.

Asus Zenfone
Taiwan - Negara Pembuat Smartphone Terbaik
Mungkin tidak banyak yang berpikir kalau Taiwan juga termasuk salah satu negara yang cukup dipertimbangkan dalam persaingan smartphone yang semakin panas belakangan ini. Hal ini memang wajar saja, mengingat brand dari Taiwan selama ini sepertinya cukup fokus untuk menggarap pasar PC dan Laptop. Brand Asus, Acer, dan HTC adalah brand dari negara ini, dimana Acer dan Asus dikenal sebagai brand PC dan Laptop yang sudah cukup ternama. Tidak ingin berdiam diri, belakangan ini kedua brand inipun mencoba untuk mendapatkan peruntungan dalam pasar smartphone. Pasar smartphone pun sempat dihebohkan dengan kedatangan smartphone Zenfone dari Asus yang menggunakan chipset Intel. Padahal kita tahu sendiri kalau chipset ini biasanya digunakan untuk piranti PC ataupun Laptop. Pada masa itu, Asus diprediksi akan sanggup untuk menumbangkan penjualan sekelas Samsung. Namun ternyata tidak demikian dengan kenyataanya. Asus harus menyerah dan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon sebagaimana para brand yang lain. Biaya produksi chipset Intel tentu menjadi salah satu pertimbangan mereka. Namun walaupun demikian brand ini tetap bersinar dengan seri – seri Zenfone yang mereka keluarkan.

5. India.

Huawei Mate 9
India - Negara Pembuat Smartphone Terbaik
Memang harus diakui kalau negara India tidak memiliki brand smartphone yang cukup diandalkan dalam pasar internasional. Namun peraturan pemerintah disana yang mengharuskan setiap smartphone harus lolos uji Made In India, membuat mereka menjadi negara pembuat smartphone terbaik di dunia juga. Untuk Indonesia sendiri disebut dengan TKDN atau Tingkat Kandungan Dalam Negeri. Mau tidak mau, maka beberapa brand yang ingin berjualan smartphone di negara ini pun harus memproduksi smartphone mereka di India. Beberapa brand yang sudah memproduksi smartphone di India adalah Xiaomi, Huawei, Lenovo/Motorola, dan juga LG.

6. Kanada.

Blackberry Priv
Kanada - Negara Pembuat Smartphone Terbaik
Kita tentu masih ingat dimana dulu aplikasi berkirim pesan Blackberry Messenger sangat diminati. Ya, Balackberry RIM-lah pemiliknya, dan Balckberry sendiri didirikan dan berpusat di Kanada. Walaupun memang sekarang ini kejayaan mereka sudah terkikis, namun brand ini pernah menjadi brand yang sangat dicari di seluruh dunia. Salah satu ciri khas smartphone ini adalah penggunaan system operasi buatan mereka sendiri, yakni Blackberry OS. Sistem operasi smartphone yang satu ini digadang – gadang memiliki keamanan yang sangat ketat dan tidak akan bisa dibobol oleh orang lain yang bukan pemilik smartphone. Namun mereka harus menyerah sekarang dan membuang jauh – jauh system operasi andalan mereka. Blackberry pun beralih dan ikutan dengan brand lain menggunakan system operasi Android yang lebih diminati. Beberapa smartphone Blackberry yang sudah menggunakan system operasi Android adalah Blackberry Aurora, Blackberry Keyone, Blackberry DTEK50, DTEK60, dan Blackberry Priv. Ternyata untuk menjadi negara pembuat smartphone terbaik di dunia tidaklah harus memiliki merek dan brand sendiri, seperti yang dilakukan oleh negara India. Apakah Indonesia kemungkinan akan masuk menjadi daftar negara pembuat smartphone terbaik di dunia dalam beberapa tahun ke depan?, semoga saja akan demikian adanya.
Powered By Adtival

No comments: