10 October 2017

9 KESAN Buruk Tidur di Pagi Hari

9 Dampak Buruk Tidur di Pagi Hari
Meski terdengar menyenangkan tidur di pagi hari, namun ternyata kebiasan ini memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Simak ulasan mengenai 9 dampak buruk di pagi hari berikut ini.

9 KESAN Buruk Tidur di Pagi Hari

Tidur adalah aktifitas yang paling dibutuhkan mahkluk hidup, tidak hanya hewan, manusia juga membutuhkan tidur. Pada umumnya baik hewan maupun manusia tidur di malam hari dan beraktifitas di siang hari, terkecuali hewan nokturnal yang mencari makan di malam hari.
Selain untuk mengembalikan stamina, tidur juga dapat meregenerasi sel – sel tubuh yang rusak. Pakar ahli kesehatan dan Dokter mengatakan bahwa tidur yang baik adalah tidur yang cukup, bukan dari berapa lama seseorang tidur melainkan seberapa berkualitas orang tersebut tidur.
Merubah pola tidur ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan. Jika selama ini seseorang terbiasa tidur pada malam hari dan merubah kebiasaan itu menjadi tidur di pagi hari maka metabolisme dalam tubuh juga akan ikut berpengaruh. Dan pengaruh tersebut bukanlah pengaruh baik bagi kesehatan melainkan pengaruh yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan.
Berikut ini dampak buruk tidur dipagi hari bagi kesehatan.

1) Gangguan Pada Lambung

9 Dampak Buruk Tidur di Pagi Hari
Gangguan Pada Lambung
Biasanya tubuh akan memulai proses penyerapan makanan pada pagi hari. Dan hal tersebut hanya dapat terjadi jika tubuh dalam keadaan sadar, bukan tidur terlelap. Metabolisme tubuh tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya jika tubuh dalam keadaan tidur. Gangguanpada lambung terjadi jika saat sebelum tidur pada pagi hari Anda sempat memasukan makanan ke dalam perut , sehingga lambung bekerja keras untuk mencerna makanan, hal ini terjadi karena metabolisme tubuh berjalan lambat saat tidur.

2) Kondisi Tubuh Tidak Fresh

9 Dampak Buruk Tidur di Pagi Hari
Kondisi Tubuh Tidak Fresh
Mereka yang tidur pada pagi hari berharap mendapatkan kondisi tubuh yang fresh ketika bangun tidur, namun hal tersebut malah tidak terjadi. Ini terjadi karena metabolisme tubuh yangterganggu dan membuat pengembalian stamina pada tubuh ternganggu sehingga hasil akhiny adalan kondisi tubuh yang tidak fresh dan lesu saat terbangun dari tidur pagi.

3) Penyakit Diabetes

9 Dampak Buruk Tidur di Pagi Hari
Penyakit Diabetes
Resiko tidur pada pagi hari hampir tidak ada bedanya dengan bahaya tidur setelah makan. Tidur pada pagi hari akan menyebabkan metabolisme dalam tubuh terganggu. Metabolisme tubuh yang terganggu juga akan menggangu kinerja tubuh, salah satunya adalah kinerja mengatur kadar gula dalam tubuh. Tubuh alankesulitan kadar gula yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga terkadang kadar gula yang dihasilkan terlalu tinggi. Gejala diabetes kerap ditemukan pada mereka yang sering tidur pada pagi hari.

4) Resiko Terkena Kanker Darah

9 Dampak Buruk Tidur di Pagi Hari
Resiko Terkena Kanker Darah
Ketika kita tidur di pagi hari ini akan mengakibatkan kenaikan kadar darah putih atau leukosit dalam tubuh. Kenaikan kadar darah putih ini dapat menyebabkan tubuh rawan terkena kanker darah. Resiko ini meningkat terutama untuk mereka yang memiliki kebiasaan tidur pada jam 10 pagi hingga 12 siang. Hal ini terjadi karena saat tubuh tidur, aliran darah dalam posisi ketinggian yang sama sehingga dengan cepat dapat menyebar keseluruh tubuh. Pada saat pagi hari tubuh memproduksi banyak sel darah putih, sehingga jika tidur saat pagi hari akan membuat sel darah putih ini dengan cepat beredar keseluruh tubuh. Kenaikan kadar darah putih ini tidak baik untuk kesehatan tubuh.

5) Kondisi Fisik Menurun

9 Dampak Buruk Tidur di Pagi Hari
Kondisi Fisik Menurun
Tidur pada pagi hari akan mempengaruhi kondisi fisik seseorang, hal ini terjadi karena metabolisme tubuh yang terganggu akibat berubahnya kebiasaan tidur dimana biasanya tidur dimalam hari menjadi tidur pada pagi hari. Perubahan kebiasaan tidur ini berpengaruh pada metabolisme tubuh yang akhirnya juga ikut mempengaruhi kondisi fisik seseorang.

6) Gangguan Metabolisme Tubuh

9 Dampak Buruk Tidur di Pagi Hari
Gangguan Metabolisme Tubuh
Perubahan kebiasaan waktu tidur akan merubah metabolisme tubuh dan mempengaruhi kondisi kesehatan. Terutama waktu makan yang terlewat karena tertidur lelap di pagi hari akan membuat lambung dan organ pencernaan lainnya ikut terganggu. Untuk dapat mengembalikan metbolisme pada tubuh seperti sedia kala mau tidak mau mengembalikan waktu tidur menjadi tidur pada malam hari adalah satu satunya cara. Gangguan pada metabolisme tubuh jika dibiarkan terus menerus akan membuat sistem pencernaan menjadi terganggu dan kondisi tubuh menjadi tidak fit dan tidak fresh.

7) Sakit Kepala

9 Dampak Buruk Tidur di Pagi Hari
Sakit Kepala
Cairan serebrospina akan mengalir ke otak ketika seseorang tengah dalam kondisi tidur. Ketika kita tidur terlalu lama atau merubah waktu tidur yang biasanya dilakukan dalam malam hari kini berubah menjadi pagi hari, akan membuat zat tersebut mengalir ke otak dengan kadar tidak menentu dan menyebabkan rasa sakit pada kepala. Untuk menghilangkan rasa sakit pada kepala dapat dilakukan dengan mengubah kembali pola tidur menjadi tidur pada malam hari dan sebisa mungkin dapatkan kualitas tidur dengan tidak makan sebelum tidur dan tidur dalam keqadaan sepi serta pencahayaan redup.

8) Tubuh Merasa Lemas

9 Dampak Buruk Tidur di Pagi Hari
Tubuh Merasa Lemas
Ketika Anda tidur pada pagi hari dan bangun pada siang harinya, kondisi tubuh tidaklah dalam kondisi fresh seperti ketika Anda bangun pagi dari tidur pada malam hari. Mereka yang bangun pada siang hari biasanya merasa lemas, lesu, bahkan ada perasaan seperti Anda sudah kehabisan energi untuk melakukan aktifitas, padahal Anda belum melakukan aktifitas yang membutuhkan energi besar. Hal ini terjadi akibat perubahan pada metabolisme tubuh.

9) Penyakit Jantung

9 Dampak Buruk Tidur di Pagi Hari
Penyakit Jantung
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nurses Health Study terhadap 72.000 wanita menunjukkan bahwa ketika seorang wanita tidur pada pagi hari memiliki resiko penyakit jantung 38% lebih tinggi. Perubahan dan gangguan pada metabolisme tubuh karena perubahan waktu tidur juga dapat menyebabkan munculnya penyakit - penyakit berat seperti penyakit jantung ini.
Demikianlah ulasan mengenai 9 dampak buruk tidur pada pagi hari. Semoga Bermanfaat.
Powered By Adtival

No comments: