Tuesday, October 10, 2017

12 Manfaat Daun Andewi (Saderi) Untuk Kesihatan Tubuh


12 Manfaat Daun Andewi Untuk Kesehatan Tubuh
Daun andewi salah satu jenis dedaunan yang banyak memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Kebanyakan orang-orang mengkonsumsinya sebagai salad, walaupun rasanya sangat pahit.

12 Manfaat Daun Andewi Untuk Kesihatan Tubuh

Daun andewi atau endive merupakan jenis dedaunan yang kaya akan serat dan juga rendah kalori. Maka dari itu, jenis dedaunan ini sangat cocok dikonsumsi oleh manusia demi menjaga kesehatan tubuh mereka. Kebanyakan orang-orang mengkonsumsi dengan menjadikannya sebagai salad. Meskipun rasanya yang pahit, namun manfaat daun andewi ini akan terasa bagi tubuh kita.
Rasanya yang pahit membuat orang percaya akan khasiat dan keampuhan daun ini, contohnya dijadikan sebagai pengobatan alternatif atau ramuan herbal. Selain itu, daun andewi memiliki keunggulan sebagai penyembuh penyakit lemah maupun penyakit keras. Berikut adalah kandungan-kandungan yang ada pada daun andewi, diantaranya:
Manfaat Daun Andewi
Daun Andewi Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan daun andewi:

  • Zat besi
  • Asam folat
  • Kalium
  • Serat
  • Vitamin K, A, E
  • Niacin
  • Asam pantotenat
  • Mineral
  • dll
Selain itu, pengolahan daun ini sangatlah mudah. Kamu bisa mengolahnya menjadi jus sayuran, merebusnya terlebih dahulu atau langsung memakanannya mentah-mentah. Maka dari itu, daun andewi mempunyai manfaat yang banyak untuk mengobati berbagai penyakit, antara lain :

Manfaat Daun Andewi Untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengatasi masalah BAB

Mengatasi BAB
Mencegah penyakit BAB
Masalah BAB atau pencahar sering kali dialami oleh manusia. Dengan mengkonsumsi sari daun andewi, masalah BAB atau masalah di pencernaan akan segera terobati. Sebaiknya kamu meminumnya saat malam hari, lebih tepatnya sebelum tidur agar manfaat lebih terasa. Namanya masalah BAB tidak akan menganggu kamu lagi.

2. Mengatasi terkena stroke

Mencegah stroke
Mencegah penyakit stroke
Sebagaimana diketahui, penyakit stroke dapat timbul dikarenakan tekanan darah yang tinggi. Oleh karena itu, dengan meminum sari daun andewi, tekanan darah akan dapat terkontrol dengan baik. Maka gejala penyakit stroke akan dapat kamu cegah dari awal.

3. Mengatasi terkena kanker usus besar

Mencegah penyakit Kanker usus besar
Gejala penyakit Kanker usus besar
Kanker dapat timbul dikarenakan oleh banyak hal. Faktor seperti makanan maupun faktor luar seperti udara. Mengkonsumsi daun andewi dengan sebagai lalapan atau merebusnya dapat mencegah datangnya sel kanker pada tubuh.

4. Penambah nafsu makan

Penambah nafsu makan
Kurangnya nafsu makan
Susah makan sudah menjadi penyakit bagi khalayak umum, bukan hanya sering dialami oleh anak kecil namun orang dewasa pun sering terkena gangguan ini. Bagi orang dewasa yang sedang mengalami proses penyembuhan penyakit sangat cocok meminum sari daun andewi. Mengkonsumsi asupan daun andewi dapat merangsang tubuh agar nafsu makan bertambah.

5. Mengatasi penyakit batu empedu

Penyakit batu empedu
Gejala penyakit batu empedu
Tingginya kalsium di dalam kantong empedu dapat disebabkan karena tingginya kadar kolestrol dalam tubuh. Batu empedu berbentuk sebuah batu yang terbentuk di empedu manusia. Mengkonsumsi daun andewi dengan mengolahnya sebagai jus sayuran atau melalapnya langsung dapat membantu tubuh tercegah penyakit batu empedu.

6. Menetralisir kolesterol

Menurunkan kolesterol
Menurunkan kolesterol
Salah satu penyebab tingginya kolesterol yang tinggi adalah karena banyaknya memakan makanan tinggi lemak atau juga pola makan yang tidak sehat. Banyak akibat yang bisa disebabkan oleh kolesterol dalam darah naik seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau lainnya. Dengan meminum sari daun andewi dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

7. Proteksi radikal bebas

Anti radikal bebas
Anti radikal bebas
Daun andewi kaya akan kandungan serat dan vitamin. Oleh karena itu, daun andewi memiliki pengaruh besar untuk memproteksi radikal bebas yang mencoba masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas dapat saja masuk kapan pun, baik itu yang masuk ke dalam tenggorokan kita ataupun keadaan di sekitar kita.

8. Mengatasi terkena kanker prostat

Mencegah kanker prostat
Mencegah kanker prostat
Semua kaum laki-laki tentunya tidak ingin terneka penyakit prostat. Karena penyakit kanker prostat merupakan salah satu penyakit yang mematikan bagi calon istri kita nantinya. Dengan demikian, mengkonsumsi daun andewi pada pagi atau malam hari dapat menuruni presentase terkena penyakit kanker prostat.

9. Mencegah menurunnya daya ingat

Menurunnya daya ingat
Menurunnya daya ingat
Menurun daya ingat atau yang sering disebut sebagai penyakit alzheimer seringkali dialami oleh orang-orang tua kita yang usianya sudah tidak muda lagi. Maka dari itu, banyak orang-orang yang menyebut mereka "pikun". Dengan mengkonsumsi daun andewi secara teratur dapat mencegah penurunan daya ingat.

10. Menyehatkan mata

Menyehatkan mata
Menyehatkan mata
Vitamin A sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi mata agar tetap sehat. Kandungan vitamin A seringkali kita jumpai pada wortel. Namun, selain itu daun andewi ternyata mampu menjaga kesehatan mata. Maka dari itu, untuk remaja atau orang tua yang sedang mengalami gangguan pada matanya bisa mengkonsumsi daun andewi untuk menjaga kesehatan mata.

11. Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung
Menjaga kesehatan jantung
Semua orang tentunya sangat ingin memiliki jantung yang sehat. Jantung sehat bisa terjadi bilamana peredaran darah berjalan lancar atau tingkat kolestrol pada tubuh rendah. Perlu diketahui, jantung ini perannya sangat vital. Salah satunya untuk memompa darah ke seluruh organ tubuh. Dengan mengkonsumsi daun andewi baik itu direbus atau dilalap langsung dapat membantu menyehatkan jantung. Sehingga dapat meringankan gejala terkena penyakit jantung atau serangan jantung.

12. Mengatasi terkena skoliosis

Mencegah penyakit skoliosis
Mencegah penyakit skoliosis
Penyakit skoliosis adalah penyakit yang menyebabkan tulang belakang tumbuh secara tidak normal, tulang belakang akan tumbuh tidak lurus. Pertumbuhan akan terjadi melengkung atau ke samping. Dan penyakit ini sering dialami anak-anak yang sedang mengalami mas pertumbuhan. Maka dari itu, untuk mama muda disarankan untuk memberikan anak asupan nutrisi sayuran seperti daun andewi kepada anaknya. Karena dapat membantu normalnya pertumbuhan tubuh pada anak kita.
Ada pepatah kuno yang mengatakan "Lebih baik mencegah daripada mengobati". Oleh karena itu, jangan sekali-kali kita terjerumus ke dalam sesuatu yang dapat merusak kesehatan tubuh kita. Dengan mengetahui manfaat daun andewi, tentunya kamu bisa menjadikannya sebagai pilihan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Konsumsilah daun andewi secara teratur, agar aktivitas sehari-harimu tidak terganggu dan kamu bisa menjalani kehidupan dengan lebih bahagia.
Powered By Adtival

No comments: