10 October 2017

10 Cara ternakan Udang dengan Hasil yang memuaskan


10 Cara Budidaya Udang dengan Hasil yang memuaskan
Menjadi seorang pembudidaya udang adalah hal yang paling bagus karena budidaya udang sangatlah menguntungkan, selain harganya yang mahal budidayanya juga mudah asalkan dengan cara yang sangat baik dan benar maka dalam proses pembudidayaan udang akan berhasil.

10 Cara ternakan Udang dengan Hasil yang memuaskan

Udang adalah salah satu jenis ikan yang sangat banyak dibudidayakan oleh para petani udang, karena dengan harganya yang mahal juga udanganya juga banyak mengandung gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Udang kini banyak dibudidayakan di daerah mana saja karena dengan harganya fantastis, budidaya udang juga bagus untuk dijadikan sebagai peluang usaha yang sangat baik bagi para petani udang.
Udang memiliki harga yang sangat mahal karena permintaan dari pasar sangatlah tinggi maka dari itu harganya juga sangat mahal sekali. Para pembudidaya udang tersebut akan menjadi kaya ketika memiliki usaha dan pembudidayaannya sukses dan berhasil.
Untuk  menjadi orang yang membudidayakan udang sukses perlu cara-cara yang khusus dan baik pula, karena tidak sembarang orang bisa menghasilkan budidaya udang yang sangat memuaskan. Maka dari itu simaklah cara-cara membudidayakan udang agar hasilnya melimpah.
Cara budidaya udang yang benar agar mendapatkan hasil yang bagus

1. Modal

Modal dalam proses pembudidayaan udang sangatlah berperan penting, karena untuk memulai usaha tersebut perlu modal yang sangat cukup agar dalam proses pembudidayaan nanti tidak akan terjadi masalah yang tidak diinginkan. Maka dari sekarang coba anda buat modal terlebih dahulu agar usaha dalam membudidayakan udang tersebut berhasil.

2. Lokasi

Lokasi
Lokasi
Pemilihan lokasi untuk ternak udang haruslah bagus dan tidak dekat dengan sungai atau tempat lainnya, karena tempat untuk lokasi pembudidayaan tersebut harus diperhatikan juga, karena kalau tidak diperhatikan maka tidak akan berhasil dengan baik. Coba anda untuk usaha seperti membudidayakan udang tersebut harus dengan cara yang sangat pas agar mendapatkan hasil yang sangat baik pula.

3. Pembuatan Kolam

Pembuatan kolam
Pembuatan kolam
Pembuatan kolam adalah cara yang pasti dilakukan dalam pembibitan atau pembudidayaan udang tersebut. Kolam yang dibuat anda  bisa dari terpal atau kolam khusus yang dijadikan untuk ternak udang. Sebagai para pembudidaya udang haruslah menggunakan teknik tertentu dalam perkembangbiakan udang, buatlah 2 sampai 3 kolam untuk budidaya udang.
Kolam yang pertama anda gunakan untuk budidaya pembesaran anak udang yang telah bernak.
Kolam kedua gunakan untuk bahan pembibitan udang untuk dijadikan sebagai tempat bertelur udang.
Kolam ketiga khusus untuk udang yang sudah besar yang digunakan untuk proses perkawinan.
Maka dari itu alangkah baiknya buat minimal 3 kolam untuk pembibitan udang tersebut.

4. Bibit

bibit Udang
bibit Udang
Bibit udang yang sangat bagus untuk dibudidayakan tersebut adalah udang yang sangat bagus dan cerah dan tidak terkena cacat ataupun terkena penyakit. Bibit tersebut bisa anda gunakan campur atau khusus yang besar-besar saja atau yang kecil saja. Maka dalam proses pemilihan bibit ini juga akan sangat berpengaruh besar. Karena bibit udang memiliki banyak jenisnya dari bibit kecil sampai yang besar, maka untuk mendapatkan hasil yang sangat bagus gunakanlah bibit udang yang besar agar menghasilkan budidaya udang yang sangat bagus.

5. Kualitas Air

Kualitas Air
Kualitas Air
Kualitas air juga akan sangat berpengaruh tetapi untuk budidaya udang air tersebut tidak terlalu bagus juga bisa bagi proses perkembangan udang tersebut. Air yang sangat baik adalah air yang bebas dari zat berbahaya seperti limbah pabrik dan yang lainnya. Maka untuk menghindari hal tersebut terjadi pada budidaya udang anda,bangun tempat tersebut jauh dari daerah perkotaan agar terhindar dari pencemaran air.
Air yang berwarna hijau itu secara alami sangatlah bagus karena mengandung zat yang sangat bagus bagi perkembangan udang nantinya.

6. Tahap Penebaran Udang

Penebaran Udang
Penebaran Udang
Tahap yang salah satu ini adalah dengan tahap penebaran jenis udang yang sudah anda beli, maka ketika anda tebar bibit udang tersebut pisahkan sesuai ukuran besar atau kecinya supaya ketika tumbuh nantinya akan terlihat bagus atau tidaknya.

7. Pakan Udang

Pakan Udang
Pakan Udang
Pakan udang seperti halnya ikan yang lain, udang juga membutuhkan makanan yang sangat berkualitas bagi tubuhnya. Udang bisa diberi makanan seperti pelet khusus udang atau apa saja karena udang juga bisa memakan makanan yang berbau anyir.
Untuk meningkatkan proses perkembangan udang maka perhatikan juga asupan makanannya karena akan sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan udang yang anda budidayakan.

8. Obat Udang

Obat Udang
Obat Udang
Udang perlu pengobatan khusus baik untuk proses perkembangan tubuhnya atau untuk kekebalan penyakit, karena udang juga tidak menutup kemungkinan akan terkena penyakit, maka sebelum terkena penyakit sudah ada cara pencegahannya dan itu harus dilakukan oleh para petani udang.

9. Pemeliharaan

Udang harus diperhatikan setiap hari dalam proses perkembangannya karena udang juga seperti kalanya ikan lain. Udang harus anda lihat setiap hari karena ditakutkan ada kendala seperti air mati, atau yang lainnya. Maka dari itu anda proses pemeliharaan udang tersebut harus diperhatikan juga.

10. Proses Panen

Panen
Panen Udang
Proses panen dilakukan ketika sudah umur sekitar 3 bulan, maka anda sudah siap untuk panen udang yang telah anda budidayakan tersebut, namun perlu diperhatikan juga dalam proses panen udang sebaiknya anda gunakan dengan alat tangkap ikan agar tidak terinjak ketika anda masuk kolam nanti. Panen hanya bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali karena itu adalah cara yang baik, tetapi kalau 3 bulan sekali udang tersebut masih kecil maka budidaya udang tersebut masih belum berhasil.
Tetapi ketika anda panen udang tersebut ternyata hasilnya sangat memuaskan maka itu tandanya anda sudah berhasil dalam membudidayakan udanng tersebut. Namun ketika sebaliknya gagal anda harus bisa perhatikan lagi dalam proses pemberian pakan udang.
Itulah 10 cara budidaya udang dengan benar agar menghasilkan hasil yang sangat maksimal dan memuaskan.
Powered By Adtival

No comments: