Friday, October 20, 2017

Kereta terbang

Mobil Terbang

Perusahaan asal Belanda PAL-V Europe NV berhasil mengujicobakan mobil terbangnya yang diberi julukan PAL-V (Personal Air and Land Vehicle).








Test terbang dilaksanakan di Gilze Rijen Airport, Belanda. Desainnya sudah ada sejak 2008 dan dibantu juga oleh Dutch National Aerospace Laboratory dan Delft University dalam pengembangannya. Daya jelajah terbangnya 350 km (220 miles) dan 500 km (315 miles). Kecepatannya bisa mencapai 180 km/jam (110 miles/jam) baik di darat maupun di udara.



Untuk bisa terbang, PAL-V sebenarnya adalah seperti sebuah Gyrocopter standar. Hal ini berarti lebih stabil daripada helikopter karena rotasi lebih lambat dari rotor utama. Untuk take-off dan landing hanya mebutuhkan kecepatan rendah, tidak bisa stall, dan sangat mudah untuk mengontrolnya. Hal ini membuat PAL-V sebagai salah satu jenis pesawat yang paling aman. Untuk mendapatkan lisensi terbangnya pun hanya membutuhkan 20 sampai 30 jam pelatihan. Berminat? Katanya harganya sekitar $300,000 atau sekiitar 3 milyar di sono.




Ini videonya :






Bye bye maceeett.... :)

No comments: