Tuesday, October 10, 2017

15 Bahaya Menggunakan Rokok Elektrik


15 Bahaya Menggunakan Rokok Elektrik
Dengan anggapan bahwa rokok tembakau yang penuh dengan nikotin memilki bahaya yang besar, banyak orang mulai beralih ke rokok elektrik yang dianggap lebih aman. Benarkah demikian? Simak ulasan 15 bahaya menggunakan rokok elektrik berikut ini.

15 Bahaya Menggunakan Rokok Elektrik

Badan Pengawas Obat dan Makanan sudah memberi peringatan pada masyarakat bahwa meskipun rokok elektrik sudah banyak beredar, namun kandungan dalam rokok elektrik tersebut belum dapat dipertanggungjawabkan. Meski ada anggapan bahwa rokok elektrik lebih aman dari rokok biasa, namun nyatanya anggapan itu tidaklah sepenuhnya benar. Rokok elektrik juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan.
Bahaya menggunakan rokok elektrik antara lain :

1.) Pneumonia

15 Bahaya Menggunakan Rokok Elektrik
Pneumonia
Pneumonia atau peradangan pada paru paru biasanya disebabkan oleh infeksi dari virus, jamur juga bakteri. Para pengguna rokok elektrik juga tidak dapat lepas dari peradangan paru paru ini. Ini dipicu oleh nikotin cair pada kandungan rokok elektrik yang dapat mengebalkan bakteri penyebab pneumonia. Baik rokok biasa maupun rokok elektrik memiliki potensi yang sama dalam memicu penyakit pneumonia. Pilihan terbaik adalah berhenti merokok.

2.) Penyakit Jantung

15 Bahaya Menggunakan Rokok Elektrik
Penyakit jantung
Sama halnya dengan rokok biasa, rokok elektrik juga mengeluarkan asap. Asap ini dapat masuk kedalam tubuh dan aliran darah. Saat itulah terjadi pengikatan oksigen oleh asap rokok elektrik di mana oksigen yang seharusnya diedarkan ke seluruh tubuh menjadi terhambat dan terganggu. Bila dibiarkan, akumulasi dari asap di dalam tubuh dan aliran oksigen dalam darah yang semakin berkurang akan menyebabkan timbulnya penyakit jantung. Jika pada awalnya para perokok elektrik merasa aaman dengan anggapan bahwa rokok elektrik tidak memilik dampak buruk, maka dengan ini mereka patut khawatir dan mulai memperhatikan kesehatan.

3.) Iritasi Paru-Paru

15 Bahaya Menggunakan Rokok Elektrik
Iritasi Paru - Paru
Badan Food and Drug Administration, sebuah badan yang mengawasi obat dan makan di Amerika menyatakan bahwa di dalam rokok elektrik terkandung nikotin cair yang berbahaya bagi kesehatan. Nikotin cair ini dapat menyebabkan iritasi pada paru – paru.

4.) Pusing

15 Bahaya Menggunakan Rokok Elektrik
Pusing
Pusing pada pengguna rokok elektrik disebabkan karena pasokan oksigen dalam darah terganggu, hal ini disebabkan oleh asap dari rokok elektrik yang mengikat oksigen dalam darah, yang mengakibatkan terganggunya pasokan oksigen ke otak. Ketika otak mengalami kekurangan oksigen, tubuh akan mengalami pusing. Kekurangan oksigen pada otak juga dapat menyebabkan berkurangnya tingkat fokus pada seseorang sehingga terlihat seperti orang linglung.

5.) Asma

15 Bahaya Menggunakan Rokok Elektrik
Asma
Dampak asap rokok elektrik dapat memicu kambuhnya asma pada penderita asma. Hal ini karena asap rokok elektrik juga berpengaruh pada paru paru sehingga serangan asma dapat muncul secara tiba tiba ketika tengah asik mengirup rokok elektrik. Sebelum menggunakan rokok elektrik ada baiknya mengetahui seperti apa kondisi kesehatan Anda yang sebenarnya. Jika Anda memiliki penyakit asma atau pernapasan lainnya disarankan untuk menghindari rokon, baik roko tembaukau maupun rokok elektrik.

6.) Kanker

15 Bahaya Menggunakan Rokok Elektrik
Kanker
Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan, rokok elektrik yang diisi dengan nikotin cair bersama bahan pelarut dieter glikol ,gliserin, dan propilen glikol dapat memicu munculnya kanker pada tubuh. Hal itu terjadi ketika semua bahan tersebut dipanaskan dalam rokok elektrik yang pada akhirnya tanpa diketahui pengguna rokok elektrik menghasilkan senyawa nitrosamine. Senyawa bernama nitrosamine inilah pemicu kanker pada tubuh manusia.

7.) Stroke

15 Bahaya Menggunakan Rokok Elektrik
Stroke
Stroke adalah salah satu penyakit berat yang mengancam semua orang dengan gaya hidup yang kurang sehat, termasuk pengguna rokok elektrik. Cairan nikotin serta asap dari rokok elektrik dapat memicu serangan stroke dengan tingkat ringan hingga berat. Terikatnya oksigen pada asap rokok elektrik menjadi pemicu utama serangan stroke pada pengguna rokok elektrik.

8.) Ledakan Rokok Elektrik

15 Bahaya Menggunakan Rokok Elektrik
Ledakan Rokok Elektrik
Sepintas kegiatan merokok dengan rokok elektrik terlihat modern dan lebih keren. Namun ada bahaya yang jarang disadari yakni potensi rokok elektrik terbakar atau meledak. Pada dasarnya teori rokok elektrik adalah memanaskan elemen cair di dalam rokok elektrik menjadi asap. Proses pemanasan tersebut menggunakan bantuan baterai. Jika terjadi arus pendek pada baterai, rokok elektrik dapat terbakar atau meledak, efek ledakan ini dapat melukai wajah serta mulut. Tak hanya luka bakar, rokok elektrik ini juga berpotensi melukai penggunanya dengan pecahan rokok yang terlontar akibat ledakan pada rokok elektrik.

9) Ketagihan

15 Bahaya Menggunakan Rokok Elektrik
Ketagihan
Baik rokok biasa atau rokok elektrik berpotensi membuat penggunanya menjadi adiktif, baik karena sensasi maupun kandungan di dalamnya. Hal ini tentu sangatlah tidak sehat. Jika sudah ketagihan maka pengguna rokok elektrik akan menggunakan rokok tersebut dalam jangan waktu yang lama dan terus menerus yang tentu saja dapat memicu penyakit berat dalam tubuh seperti stroke dan kanker.

10) Mual

15 Bahaya Menggunakan Rokok Elektrik
Mual
Bagi mereka yang pertama kali menggunakan rokok elektrik perasaan mual pada perut akan muncul beberapa saat setelah hirupan pertama. Ini sebenarnya adalah bentuk penolakan tubuh terhadap zat - zat di dalam kandungan rokok elektrik.

11) Mata Perih

15 Bahaya Menggunakan Rokok Elektrik
Mata Perih
Asap dari rokok elektrik sangat menggangu bagi mereka yang memiliki mata yang sensitif terhadap asap.

12) Hidung Panas

15 Bahaya Menggunakan Rokok Elektrik
Hidung Panas
Sengaja atau tidak, ada kalanya pengguna rokok elektrik akan menghirup asap rokok dengan hidung. Zat - zat yang terkandung dalam rokok akan berinteraksi dengan kulit di dalam rongga hidung yang dapat menyebabkan rasa panas atau nyeri.

13) Gangguan Psikologis

15 Bahaya Menggunakan Rokok Elektrik
Gangguan Psikologis
Nikortin pada rokok elektrik dapat menyebabkan gangguan psikologi seperti stress, depresi dan mudah emosi.

14) Gangguan Perkembangan Janin

15 Bahaya Menggunakan Rokok Elektrik
Gangguan Perkembangan janin
Kandungan dalam asap rokok elektrik dapat menggangu perkembangan janin jika dihirup oleh wanita hamil. Dampak buruk ini kurang lebih sama dengan dampak yang diberikan oleh asap dari perokok konvesional, pada tahap ini baik rokok konvesional dengan rokok elektrik sama - sama berdampak buruk bagi perkembangan janin pada masa kehamilan.

15) Impotensi

15 bahaya menggunakan rokok elektrik
Impotensi
Sama halnya dengan rokok konvensional, rokok elektrik juga memiliki potensi untuk membuat seseorang menjadi impoten.
Demikianlah ulasan megenai 15 bahaya rokok elektrik bagi kesehatan. Semoga Bermanfaat.
Powered By Adtival

No comments: