Tuesday, October 10, 2017

8 Cara Ternak Lembu Agar Berhasil


8 Cara Budidaya Ternak Sapi Agar Berhasil
Cara  ternak sapi merupakan sebuah cara yang paling bagus untuk dijadikan sebagai usaha untuk menjadi sumber penghasilan yang lumayan tinggi. Maka simaklah cara  ternak sapi agar mendapatkan hasil yang bagus dan berkualiti.

8 Cara Ternak Lembu Agar Berhasil

Cara membudidayakan ternak sapi adalah peluang usaha yang sangat bagus dalam memulai usaha anda dengan modal yang kecil sampai bisa memiliki banyak Sapi. Jika anda sebagai para peternak Sapi apabila ingin berhasil dan sukses menjadi seorang peternak sapi maka telitilah langkah-langkah yang harus dilakukanoleh anda.
Cara Budidaya Ternak Sapi yang benar dan berhasil adalah sebagai berikut

1. Modal Tempat

sapi
kandang sapi
Modal tempat adalah salah satu hal yang pertama untuk dilakukan karena menjadi peternak tanpa modal tempat dan kemauan adalah hal yang tidak masuk logika, Modal tempat yang baik adalah dengan memiliki tempat yang bagus dan mudah untuk dijangkau dari rumah.

2. Pembuatan Kandang

kandang
Pembuatan kandang
Membuat kandang Sapi berbeda sekali dengan kandang hewan yang lain karena sapi memiliki tubuh yang cukup tinggi dan besar maka diperlukan tempat yang besar dan tinggi juga, kandang ini bisa anda buat dari bahan besi atau yang lainnya supaya terlihat bagus dan terlihat rapi, karena kandang dari besi juga tidak akan mengganggu kehidupan sapi malah akan bagus, kokoh dan akan tahan lama.
Perlu diperhatikan juga dalam pembuatan kandang harus dekat dengan perairan supaya mudah dalam pembersihan kandang tersebut. Posisi lantai yang ada dibawah seharusnya  keadaan agak miring agar kotoran sapi tersebut bisa jatuh ke belakang.
Pembuatan kandang juga harus disesuaikan dengan banyaknya sapi dan yang penting pakan makanan juga harus dipisah satu persatu dengan tujuan terbagi sama rata dan tidak saling berebut makanan yang bisa sapi lainnya tidak kebagian. Maka dari sekarang coba anda sebagai para ternak sapi untuk memisahkan tempat pakan sapi dengan yang lainnya.

3. Bibit Unggul

bibit sapi
Bibit sapi unggul
Bibit sapi yang sangat bagus adalah bibit sapi yang jumbo jantan atau juga betinanya, karena bibit tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan sapi nantinya. Maka dari itu coba anda pilih bibit sapi yang sangat berkualitas dan berat serta memiliki daging yang berkualitas juga. Bibit sapi yang bagus juga berada di daerah bali, wanosobo dan daerah lainnya.  

4. Perawatan Khusus

perawatan
Perawatan Khusus
Dalam merawat Sapi alangkah baiknya setiap bulan atau 6 bulan sekali sama seperti domba,  cek kesehatannya baik tanduknya atau kulit dan yang lainnya. Karena tidak menutup kemungkinan dalam membudidayakan Sapi ini perlu perawatan yang khusus.
Budidaya sapi juga harus dimandikan dengan pakai sabun khusus sapi agar yang memiliki  bakteri yang ada di dalam tubuh sapi akan mati dan juga akan kelihatan bersih. Maka dari itu coba dalam membudidayakan sapi tersebut perlu perawatan khusus agar terjaga dari berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuhnya.

5. Memberi Makanan

makan
Pakan makanan sapi
Memberi pakan sapi adalah hal yang penting juga dalam proses perkembangbiakan. Sebagai para peternak sapi  dianjurkan agar memilih rumput yang masih hijau dan bagus, jerami dan rumput hijau lainnya atau sayuran agar dalam perkembangan sapi  tersebut menjadi lebih cepat dan sehat serta akan memiliki daging yang sangat bagus.
Untuk makanan tambahan sapi adalah bakatul dan bisa juga ampas tahu, singkong, bungkil kepala dan yang lainnya. Makanan tersebut akan membantu dalam proses perkambangannya juga karena selain banyak gizinya makanan tersebut mudah dicari dan tidak susah asalkan kita mau mencarinya.

6. Beri Vaksin

vaksin sapi
Vaksin
Berikan vaksinasi pada sapi, karena perawatan pada sapi merupakan perawatan yang sangat susah juga. Jika anda seorang peternak sapi dianjurkan untuk memeriksa setiap 2 atau 3 bulan sekali oleh dokter hewan agar pertumbuhan sapi tersebut tidak gampang terkena berbagai penyakit.

7. Perkawinan

Proses perkawinan
Proses perkawinan
Masa untuk dikawinkan adalah proses dalam perkembangbiakan sapi untuk memiliki keturuan yang baik dan unggul, sebelum anda memiliki rencana untuk mengawinkan sapi tersebut, agar lihat terlebih dahulu bibit yang bagus untuk jantan dan induk betinanya. Setelah bagus maka silahkan untuk segera lakukan perkawinan sapi tersebut.

8. Hasilkan Keturunan

keturunan
Hasilkan keturunan
Menghasilkan keturunan sapi adalah hal yang sangat ditunggu oleh semua para peternak sapi karena dengan menghasilkan anak sapi setelah pemeliharaan harus dijaga dengan baik dan teratur.
Sapi yang telah lahir harus dipisahkan dari sapi yang lainnya agar anak yang dilahirkannya menjadi tidak terganggu oleh yang lainnya. Secara umum anak sapi hanya 1 ekor saja, berbeda sekali dengan domba yang bisa sati kali lahir dapat 5 ekor anak dan itu sudah nyata. Namun sapi tetap 1 mungkin itu kodratnya.
Jika memelihara sapi harus dianjurkan dengan memiliki kesabaran dan teliti terhadap perkembangan sapi agar terhindar dari berbagai serangan penyakit yang dapat mengancam kesehatan sapi.
Harga sapi seiring perkembangan zaman terus meningkat seiring banyaknya permintaan dan jumlah peminat dari perkotaan, pasar dan yang lainnya. Maka berutung sekali jika anda membudidayakan sapi ini karena ternak sapi ini adalah peluang usaha yang sangat menjanjikan.
Itulah 8 Cara ternak sapi yang berhasil dan memuaskan yang bagus untuk dijadikan sebagai sumber wawasan para peternak sapi yang ada di Indonesia.
 
Powered By Adtival

No comments:

YouTube

Loading...