10 October 2017

8 Cara Ternakan Belud


8 Cara Budidaya Ikan Sidat dengan Mudah dan Menjanjikan
Menjadi seorang budidaya ikan sidat adalah sebuah peluang usaha yang sangat besar dan menjanjikan, karena peminatnya yang banyak serta harganya juga sangat mahal sehingga usaha menjadi pembudidaya ikan sidat ini adalah hal yang harus dilakukan, namun harus dengan cara-cara sebagai berikut.

8 Cara Ternakan Belud

Membudidayakan ikan sidat adalah salah satu usaha yang sangat baik dan menggiurkan bagi semua orang, apalagi usaha menjadi seorang budidaya ikan sidat ternyata mudah hanya saja butuh keahlian khusus dalam memelihara ikan sidat tersebut. Apalagi ketika memiliki lahan yang baik dan cukup itu salah satu modal yang sangat bagus untuk dijadikan sebagai awal dari pembudidayaan ikan sidat tersebut. Ikan sidat tersebut berbeda sekali dengan ikan belut, kalau ikan belut sebagian besar kehidupannya harus dalam lumpur tetapi ikan sidat ini harus hidup dalam air tawar seperti biasanya.
Ikan sidat ini memiliki bentuk dan ukuran yang lebih besar dari ikan belut. Sehingga tidak salah para pencari ikan sidat ini banyak sekali, karena selain ukurannya yag besar, gizi yang dimiliki oleh ikan sidat ini sangatlah banyak dan bagus untuk perkembangan tubuh manusia.
Ada beberapa cara budidaya ikan sidat diantaranya:

1. Modal

Modal
Modal Kolam
Untuk membudidayakan ikan sidat tentunya harus dimulai dengan modal dari anda sendiri untuk memenuhi kebutuhan nantinya dalam proses perkembangbiakan ikan sidat tersebut. Modal bisa saja anda membuat kolam sendiri dan bisa menyuruh orang lain untuk membuatnya atau modal uang juga bisa anda gunakan untuk tahap persiapan peralatan lainnya yang harus dimiliki sebelum melanjutkan ke tahap pemeliharaan.

2. Buat Kolam

kolam
Buat Kolam
Untuk membudidayakan ikan sidat sebaiknya anda buat terlebih dahulu kolam yang akan digunakan untuk ikan sidat nanti. Anda bisa membuat kolam ikan sidat ini bisa dengan permanen atau dengan kolam buatan seperti dari terpal. Untuk memudahkan perkembangbiakan ikan sidat disarankan agar tidak terlalu memakan biaya yang besar buat saja kolam yang terbuat dari terpal saja karena proses pertumbuhannya juga akan sama bagusnya.
Kolam yang disediakan anda bisa membuat lebih dari 1 kolam agar proses pembudidayaan ikan sidat ini dapat berkembang dengan cepat dan bagus. Untuk membuat kolam ikan sidat coba anda buat ukuran yang paling cukup dan tidak terlalu besar dengan ukuran yang disarankan 3 m x 4 m maka anda bisa buat ukuran yang seperti itu dengan cara terbuat dari terpal.

3. Peralatan Kolam

Peralatan Kolam
Peralatan Kolam
Untuk memenuhi kebutuhan kolam yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat ikan sidat adalah tempat saluran air seperti paralon kecil. Anda sediakan di kolam khusus untuk saluran air.

4. Bibit Ikan Sidat

Bibit Ikan SIdat
Bibit Ikan SIdat
Bibit ikan sidat anda bisa dapatkan di para petani ikan sidat yang khusus dalam proses perkembangbiakan. Dalam memilih bibit atau benih ikan sidat dianjurkan bibit yang terhindar dari berbagai penyakit dan keadaan bibit ikan sidat yang kecil ini juga terbebas dari cacat atau goresan penyakit lainnya. Untuk mengetahui bibit ikan sidat yang kualitasnya bagus adalah dengan melihat gerakannya apakah lemah atau cepat, kalau yang bagus itu yang gerakannya cepat serta ketika di tangkap oleh tangan tubuhnya sangat licin.
Untuk memilih bibit ikan sidat pilihlah dari para petani ikan sidat yang khusus dan pilih yang sama besarnya tetapi untuk bahan budidaya ikan sidat ini pilih ukuran yang sama kecilnya, agar dalam pertumbuhan nantinya bisa berkembang dengan pesat.

5. Kualitas Air

Air
kualitas Air
Kualitas air juga akan berpengaruh besar terhadap perkembangan ikan sidat karena tidak semua air itu bagus, apalagi kalau membudidayakan ikan sidat ini di tengah perkotaan maka harus bisa berhati-hati dalam memilih kualitas air serta sumber mata airnya agar terjamin dalam proses pembudidayaan ikan sidat tersebut.
Kualitas air yang bagus sebenarnya ada di daerah yang masih alami dan jauh dari perkotaan karena air yang dari pegunungan itu keadaannya masih alami dan masih jernih. Maka dari itu untuk mengisi air ke dalam kolam terpal gunakanlah air yang bagus dan bebas dari pencemaran agar ikan sidat ini bisa berkembang baik dengan cepat.

6. Memberi Makan

makan
Memberi Makan
Ikan sidat juga perlu asupan makanan seperti halnya kita sebagai manusia. Dalam membudidayakan ikan sidat ini perlu cara khusus dan pemberian makanan yang khusus pula agar dalam sistem pertumbuhannya nanti bisa berkembang dengan baik dan cepat.
Pakan makanan ikan sidat ini bisa anda gunakan pakan khusus ikan sidat yang ada di pasaran dan boleh juga anda gunakan pakan makanan alami seperti bekatul beras, bekicot, tutut, cacing, ulat aren dan yang lainnya.
Ikan sidat ini biasanya lebih suka dengan makanan yang berbau anyir seperti bekicot dan sejenisnya. Untuk pengolahan pemberian pakan ikan sidat harus dioleh sampai kecil pakai pisau dan bisa anda langsung berikan kepada ikan sidat yang ada di kolam tersebut. Dengan banyak memberi pakan ikan sidat dengan pakan yang banyak anyir biasanya akan cepat tumbuh besar dibandingkan memberi pakan ikan sidat dengan pakan yang lain.

7. Perawatan

Perawatan
Perawatan
Membudidayakan Ikan sidat juga perlu pengawasan setiap hari apakah berkembang atau malah mati, hal ini harus bisa dilakukan oleh para pembudidaya ikan sidat tersebut, karena kalau tidak dirawat atau diawasi ikan sidat ini bisa menjadi mati atau hilang. Maka dari itu buat para budidaya ikan sidat agar merawat dan memberi obat khusus bagi ikan sidat agar tidak terserang oleh penyakit.

8. Panen

Panen
Panen Ikan sidat
Ikan sidat ada kala waktunya untuk di panen, ikan sidat ini untuk melakukan panen biasanya dilakukan ketika sudah kelihatan besar, maka bisa anda panen dan di pasarkan. Jangan heran kalau menjadi seorang budidaya ikan sidat itu kaya karena harga ikan sidat perkilonya sangatlah mahal, maka usaha budidaya ikan sidat ini adalah peluang yang sangat besar untuk dijadikan sebagai penghasilan tambahan anda.
Itulah 8 Cara Budidaya ikan sidat agar mendapatkan hasil yang berlipat dan memuaskan.
Powered By Adtival

No comments: