10 October 2017

9 Cara Menternak Burung Merpati Dengan Betul


9 Cara Berternak Burung Merpati Dengan Benar
Cara membudidyakan burung merpati adalah salah satu cara yang sangat bagus, namun perlu diperhatikan juga dalam berternak burung merpati butuh sebuah cara yang harus dilakukan oleh para peternak. Agar menghasilkan budidaya yang memuaskan maka simaklah cara berternak burung merpati dengan Benar.

9 Cara Menternak Burung Merpati Dengan Betul

Burung merpati adalah salah satu burung yang sangat jinak namun jika tidak tahu sama yang punyanya maka akan susah untuk ditangkap, memang itu adalah kelebihan burung merpati yang sangat mengagumkan. Cara berternak burung merpati ternyata gampang-gampang susah, karena tidak hanya diperlukan biaya saja, bermain dengan seorang pemilikya juga perlu diperhatikan agar kehidupannya menjadi lebih jinak seperti ayam.
Banyak yang membudidayakan burung merpati di indonesia yang dijadikan sebagai bahan penghasilan dalam sebuah usahanya. Tidak sedikit yang bisnis burung merpati yang sukses baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Alangkah baiknyanya juga sebagai pengusaha bisa membudidayakan burung merpati menjadi bahan penghasilan anda ke depannya. Burung merpati ini banyaklah peminatnya baik untuk dijadikan proses daging dan ada juga untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan.
Inilah cara berternak Burung Merpati yang baik dan benar

1.Modal Usaha

modal
Modal Usaha kandang
Modal Usaha Dalam membudidayakan burung merpati mesti perlu modal yang cukup, kalau mau hasilnya berkualitas dan menjanjikan, anda mau tidak mau untuk memulai budidaya burung merpati tersebut harus mengeluarkan modal usaha terlebih dahulu agar kedepannya menjadi lancar.

2.Pemilihan Lokasi Budidaya

pemilihan lokasi budidaya
pemilihan lokasi budidaya
Pemilihan lokasi budidaya ternak untuk merpati ini tidak begitu susah seperti berternak yang lainnya, ternak burung merpati ini bisa dilakukan dirumah atau didaerah tertentu. Saran untuk lokasi agar merpati merasa nyaman dan tidak terganggu oleh umum, maka cobalah buat terpisah dengan daerah yang dekat dengan pemukiman umum.

3. Pembuatan Kandang Merpati

kandang
Pembuatan kandang merpati
Pembuatan kandang atau sangkar merpati adalah salah satu hal yang sangat penting juga. Karena sangkar yang digunakan harus sesuai dengan keinginan merpati, jangan membuat kandang burung merpati seperti kandang burung yang lainnya. Burung merpati ini tidak jauh dengan kebiasaan ayam, mereka lebih suka memiliki tempat yang sangat luas seperti kandang ayam.
Perlu diketahui sebelum pembuatan kandang burung merpati anda harus bisa melihat prilaku mereka yang suka hidup berkelompok. Merpati hidup berkelompok maka mereka tidak mau memiliki tempat yang sangat kecil, maka sebagai para peternak burung merpati agar membuat kandang yang luas serta terbuka bagi mereka bermain-main dengan kelompoknya.
Dalam pembuatan burung merpati jika ruangannya luas maka coba anda pasang ranting-ranting kayu yang akan digunakan bermain burung merpati. Jika anda melakukan hal tersebut maka merpati juga akan merasa nyaman.

4. Pemilihan Bibit Burung Merpati

bibit merpati
Pemilihan bibit burung merpati
Pemilihan bibit yang satu ini adalah hal yang paling utama dilakukan sebelum membudidayakan burung Merpati, karena burung merpati ini banyak jenis dan kualitasnya. Sehingga anda sebagai peternak burung merpati harus tahu terlebih dahulu jenis burung merpati apa yang bagus untuk dijadikan sebagai bahan ternak. Coba anda pilih jenis burung merpati yang sangat bagus, besar, lincah dan tidak diam saja.
Sebelum anda melanjutkan tahapan selanjutnya anda coba memiliki modal burung merpati dengan memiliki 60 ekor dan jumlah antara betina dan jantannya sama. Sehingga proses imbangnya juga akan berjalan dengan baik karena tidak saling merebut satu sama lain.

5. Memberi Makanan

makan
Memberi makanan
Pemberian makanan terhadap burung merpati sangatlah mudah dan tidak begitu susah seperti hewan yang lainnya. Burung merpati suka dengan padi yang ada disekitar wilayah daerah ternak.
Burung merpati lebih suka biji-bijian maka sebagai para peternak burung merpati harus mempersiapkan segalanya agar burung merpati tidak kelaparan sehingga bisa kabur jika di kandangnya tidak ada sama sekali makanan yang disediakan untuk burung merpati. Para peternak juga bisa menyiapkan biji-bijian lainnya seperti biji padi, kacang. Merpati sangat suka dengan biji jagung maka siapkanlah kedua makanan tersebut ini sebelum anda memulai ternak.

6. Merawat Kandang

kandang
Merawat Kandang
Pembersihan kotoran yang ada disekitar kandang burung merpati adalah hal yang sangat penting juga karena kalau tidak dibersihkan akan mudah terjangkit penyakit. Agar budidaya burung merpati tersebut terhindar dari berbagai penyakit maka bersihkanlah kotorannya dari tempat kandangnya, agar burung merpati merasa nyaman berada di tempat tersebut. Dan yang pentingnya juga burung merpati agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang kesehatannya.

7. Sediakan Tempat Minum

minum
Sediakan tempat minum
Menyediakan tempat minum adalah hal yang sangat penting juga, karena merpati tidak diberi minum apakah akan baik-baik saja. Itu hal yang salah jika tidak memberikan minum. Maka di kandang burung merpati coba tempatkan alat untuk minum mereka berkelompok

8. Memeriksa Penyakit

periksa penyakit
memeriksa penyakit
Memeriksa penyakit burung merpati ini Terkadang yang salah satu ini adalah hal yang jarang dilakukan oleh para peternak burung merpati yang hasilnya akan berdampak buruk jika dalam pengontrolan penyakit diabaikan. Dalam segala bidang peternakan hewan, burung dan yang lainnya pasti akan terkena penyakit. Nah burung merpati yang jinak  ini juga tidak bisa dipungkiri lagi akan terkena berbagai penyakit, maka sebagai para peternak burung merpati harus kontrol minimal 1 bulan 2 kali agar burung merpati tersebut tidak terjangkit penyakit yang membahayakan, sehingga mengancam kehidupannya.

9. Masa Telur

Masa telur ini adalah hal yang perlu dilakukan dalam membudidayakan burung merpati ini karena tidak menutup kemungkinan telur yang dihasilkan oleh merpati ini banyak yang memangsa. Agar terhindar dari berbagai pemangsa seperti tikus dan yang lainnya adalah dengan mengontrol tiap hari kandangnya serta tidak hanya itu kandang merpati tersebut kalau bisa di atas dan terbuat dari bahan beton khusus agar burung merpati tersebut nyaman dan tidak terganggu dari hal yang lainnya.
Itulah 9 Cara Berternak Burung merpati yang baik dan benar yang bisa dijadikan sebagai bahan sumber wawasan bagi para peternak.
 
Powered By Adtival

No comments: