ternyata
kunci suksesnya orang-orang yang berhasil, mereka bisa me-manage
waktunya dengan baik. Dan ternyata saya juga praktekkan sendiri dan saya
terapkan di dalam pekerjaan saya, di dalam kehidupan saya mengenai time
management.
4 Tips manfaat Waktu
Bisnis
Apakah anda pernah merasakan setiap hari itu sibuk banget? tidak pernah punya waktu untuk semuanya, saya masih ke sana masih ke sini, semuanya bisa saya lakukan sendiri dan juga di bisnis pun begitu. Setiap hari anda sudah sibuk bahkan sudah kerja sampai malam tetap aja pekerjaan itu masih terus anda kerjakan, anda kejar-kejar terus dengan waktu. Saya pun pernah merasakan apa yang pernah anda rasakan ini dan ternyata kunci suksesnya orang-orang yang berhasil, mereka bisa me-manage waktunya dengan baik. Dan ternyata saya juga praktekkan sendiri dan saya terapkan di dalam pekerjaan saya, di dalam kehidupan saya mengenai time management.
Ada 5 hal yang akan saya bagikan kepada anda mengenai time management yaitu :
1. Perencanaan
Ada pepatah yang bilang jika anda gagal merencanakan berarti anda merencanakan kegagalan, artinya adalah setiap hari sebelum aktivitas anda mulai lakukanlah perencanaan, apa yang saya lakukan setiap hari, sebelum saya memulai hari esok, saya selalu membuat daftar list besok saya mesti lakukan apa saja dan saya punya agenda besok saya harus lakukan apa saja. Biasanya apa yang saya lakukan adalah sebelum saya tidur sekitar 10 sampai 15 menit saya baca, besok saya harus ada pelatihan, harus ada training, harus ada talkshow di radio, harus ada meeting dengan tim, harus ketemu customer, harus prospecting, saya list semuanya aktivitas itu dan mau melakukan apa saja saya lakukan every single activities with planning, kira-kira luangkan 10 sampai 5 menit sebelum anda lakukan kegiatan hari esok. Dampaknya adalah anda akan jauh lebih siap, akan jauh lebih planning, semua aktivitas dikerjakan dengan jauh lebih baik.2. Atur waktu anda dengan baik
3. Lebih Awal
4. Disiplin
Anda pernah punya to do list? besok masih lakukan ini, masih keluar kota, masih ketemu customer, masih meeting dan sebagainya itulah to do list anda, tapi apakah anda disiplin dengan to do list anda? kadang-kadang kita sudah set to do list seperti ini, tapi kita tidak disiplin mengerjakan itu dengan baik. Contoh misalnya saya juga pernah lakukan seperti ini bukannya saya juga tidak pernah, artinya pernah satu kali ketika saat membuat planning, saya fokuskan dari jam 08.00 pagi sampai jam 09.00 pagi itu, saya fokus membuat planning, membuat konsep dan waktu itu handphone saya nyalakan, lalu telepon juga saya set lalu laptop saya nyalakan dan terkoneksi dengan internet. Kemudian apa yang terjadi? planning yang saya lakukan tidak efektif 1 jam tapi hanya 15 menit karena apa? saya gatal ingin melihat handphone, saya gatal ingin browsing, lihat facebook dan segala macam akhirnya apa? waktu terbuang dan mulai dari saat itu saya belajar bahwa kalau benar-benar saya disiplin membuat planning dalam 1 jam, saya akan matikan handphone, saya kan tidak mau berbicara dengan orang yang telepon bahkan kalau ada orang yang mau bicara sama saya, saya akan buat tulisan “please do not disturb” dan saya matikan teleponnya, saya matikan komputernya supaya saya benar-benar fokus dan di meja saya cuma ada note dan bolpoint saja, mungkin ada musik untuk membuat saya konsentrasi. Dan saya berusaha disiplin hasilnya sangat luar biasa dan mudah-mudahan itu pun bisa anda terapkan karena itu simple tapi very effective.
Jadi inilah empat hal yang mudah-mudahan bisa membantu anda me-manage waktu anda karena ini semua sudah saya praktekkan dan sudah saya terapkan dan hidup saya jauh lebih teratur, saya lebih siap, saya lebih prefer dan saya lebih efektif. Terima kasih semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.
Powered By Adtival
No comments:
Post a Comment