Perasaan
cemas, merupakan masalah yang dihadapi mayoritas orang yang baru
memasuki dunia kerja. Akan tetapi, jangan terlalu khawatir sebab itu
merupakan hal yang wajar jika fresh graduate merasa cemas, karena mereka
akan memasuki lingkungan baru, yakni dunia kerja, yang belum pernah
mereka alami sebelumnya. Agar mudah beradaptasi dengan lingkungan baru,
dan bahkan bisa cepat bersosialisasi dan berprestasi, Berikut ini ada 11
tips yang akan membantu anda cepat beradaptasi di tempat kerja baru.
11 Tips Cepat Beradaptasi di Lingkungan Kerja
Tips
Pertanyaan semacam itu mungkin sering menghinggapi para fresh graduate yang baru saja memasuki dunia kerja. Pertanyaan yang muncul bersama dengan rasa sungkan, kikuk, bingung dan takut, yang bercampur aduk menjadi satu. Anda bisa membayangkan, jika sebelumnya anda terbiasa dengan dunia kuliah dengan segala atribut dan kegiatan yang sudah akrab, tiba-tiba menghadapi suasana baru yang belum pernah anda rasakan sebelumnya.
Jika dilihat, biasanya rasa cemaslah yang paling mendominasi. Kecemasan itu muncul karena seseorang berpikir terlalu berlebihan. Dia menganggap dirinya tak akan mampu menghadapi masalah yang akan menimpanya, alias memiliki pemikiran-pemikiran yang negatif mengenai mampu tidaknya Ia menghadapi dunia kerja.
Perasaan cemas, merupakan masalah yang dihadapi mayoritas orang yang baru memasuki dunia kerja. Akan tetapi, jangan terlalu khawatir sebab itu merupakan hal yang wajar jika fresh graduate merasa cemas, karena mereka akan memasuki lingkungan baru, yakni dunia kerja, yang belum pernah mereka alami sebelumnya.
Agar mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, dan bahkan bisa cepat bersosialisasi dan berprestasi, Berikut ini ada 11 tips yang akan membantu anda cepat beradaptasi di tempat kerja baru.
1. Jurus 4S
Gunakan jurus 4S ala Aa Gym, yaitu: Senyum, Salam, Sapa, dan Santun terhadap semua jajaran karyawan di tempat kerja baru, mulai dari satpam, office Boy, hingga supervisor, manajer, dan tentunya big boss. Jurus 4 S ini ibarat sebuah rumah dengan pintu yang terbuka, sehingga orang-orang tak enggan memasukinya. Anda akan cepat mengenal dan dikenal karyawan lain, serta keberadaan anda akan relatif diterima dengan senang hati2. Beradaptasi itu Wajib
Beradaptasi itu wajib. Anda harus siap dengan berbagai hal jika memasuki lingkungan kerja yang baru, mulai dari iklim kerja, perubahan pertemanan di kantor baru, atasan baru, gaji baru dan yang pastinya ada tantangan baru yang menanti anda di depan. Siapapun akan grogi dan berdebar-debar ketika masuk pada hari pertama kerja karena belum mengenal suasana yang ada di dalam kantor yang baru. Kemampuan beradaptasi yang baik sangat diperlukan disini. Semakin cepat berdaptasi maka semakin cepat pula anda menguasai lingkungan kerja saat ini.3. Fokus Pada Saat Proses Perkenalan
Fokuskan Perhatian Saat Proses Perkenalan. Tim HRD berperan penting ketika masuk pada hari pertama sampai minggu pertama, karena anda akan mendapatkan bimbingan dan arahan mengenai tugas-tugas anda di kantor yang baru. Minggu pertama biasa nya disebut sebagai minggu perkenalan, sebab pada minggu pertama akan diperkenalkan dengan berbagai macam informasi internal perusahaan. Mulai dari struktur organisasi, visi dan misi perusahaan, serta lingkungan departemen yang baru. Pada minggu ini, fokuskan diri anda, usahakan jangan tidur terlalu malam agar keesokan harinya fokus akan tetap terjaga dan selalu fit 100% dalam melaksanakan tugas anda.4. Sopan Santun
Rasa minder ketika berpapasan dengan atasan atau bos itu merupakan hal wajar, tapi mulai sekarang kurangi hal itu. Sapalah dengan nada bicara yang sopan sambil basa basi bertanya seputar lingkungan kerja. Bersikap sopanlah kepada semua orang yang ditemui, tunjukan jika anda merupakan pribadi yang ramah dan santun. Dengan cara ini anda akan sangat mudah untuk dikenal.5. Kumpulkan Semua Informasi
Kumpulkan semua informasi yang ada di tempat kerja dengan cermat, jika perlu mencatat dan menyimpannya dengan baik. Anda bisa bertanya kepada teman tentang kondisi tempat kerja, apa kebiasaan karyawan, karakter bos, aturan-aturan tak tertulis, dan segala pernak-pernik yang terkait dengan itu semua. Dengan mengantongi informasi secara jelas, kita akan bisa menyesuaikan sikap dan tindakan sesuai tuntutan lingkungan.6. Pelajari Aturan Tertulis
Pelajari aturan tertulis perusahaan yang biasanya tercantum dalam panduan karyawan, dan jangan pernah berusaha melanggar aturan sedikit pun, karena sekali melanggar peraturan yang ada, maka anda akan di cap jelek pada kesan pertama di kantor yang baru.7. Datang Tepat Waktu
Datanglah ke kantor sekitar 10-20 menit sebelum jam kerja, dan pulanglah sekitar 10-20 menit setelah jam kantor, dan gunakan waktu yang ada untuk mengamati dinamika yang terjadi di kantor, dan catatlah hal-hal yang anda penting.8. Baca dan Pahami Tugas Anda
Baca dan pahami betul deskripsi tugas anda, serta jangan takut bertanya kepada pihak yang anda anggap berkompeten jika menemui kesulitan. Jangan khawatir, biasanya, sebelum menjadi karyawan yang sebenarnya, ada masa-masa job training di mana akan dibimbing untuk bisa memahami tugas anda. Gunakan masa-masa itu untuk benar-benar mengerti apa yang harus dilakukan. Jika perlu, carilah literatur-literatur baik di buku-buku, majalah maupun internet yang berhubungan dengan job saat ini.9. Fisik Harus Kuat
Pastikan fisik dan spirit anda selalu bugar. Olahraga teratur, sarapan pagi dengan porsi cukup, mandi dengan bersih, mengenakan busana rapi yang terseterika dan jika perlu wangi. Sebab, kondisi tubuh yang kucel, kumal, kusut, seringkali membuat kita merasa kurang percaya diri yang akan meningkatkan perasaan cemas kita. Untuk menguatkan spiritual kita, beribadah dan berdoalah sesuai dengan keyakinan kita.10. Atur Tempat Kerja Anda
Atur tempat kerja anda. Pelajarilah dimana akan bekerja dan seberapa besar ruang tempat anda bekerja. Jika harus berbagi meja dengan rekan kerja lain nya, maka diskusikan bagaimana pembagiannya dan cara merapikan nya.11. Lakukan Sebaik Mungkin
Gunakan semua upaya untuk bisa melakukan job-job sebaik mungkin. Jangan dahulu berpikir soal gaji dan imbalan. Ada peribahasa berbahasa Jawa berbunyi, “golek jeneng sik, nembe jenang” artinya, carilah jeneng (nama, reputasi) baru jenang (makanan terbuat dari tepung, maksudnya imbalan, gaji, dan sebagainya). Jika bisa mengerjakan job pertama dengan baik, biasanya anda akan lebih percaya diri menghadapi job-job selanjutnya, dan lama-lama akan merasa lebih rileks dan tenang.Demikianlah 11 tips yang bisa dilakukan oleh fresh graduate yang baru saja memasuki dunia kerja. Jika hal tersebut dilakukan, bukan sekadar cepat beradaptasi, mungkin anda pun akan cepat bersinar sebagai rising star di tempat kerja yang baru. Selamat mencoba
Powered By Adtival
No comments:
Post a Comment