BismillahHirahmanirRahim...
الحمد لله syukur kepada الله
Everything happening with الله permission :
#Sesungguhnya Aku berniat kerana الله:Tugasan geraktubuh badanKu
Daku Niatkan Tasbih anggota tubuhku buat الله.
Ku serahkan seluruh kehidupanku kebergantungan sepenuhnya kepada~Mu Ya الله..
Setiap Detik Hatiku menyebut Subhanallah سبحان الله
Denyutan Nadiku dengan Alhamdulillah الحمد لله
Degupan Jantongku bertasbih
LA ILAHA ILLALLAH لا إله إلا الله
Nafasku berzikir Allāhu akbar الله أكبر
10 October 2017
11 Tips Cepat Beradaptasi di Lingkungan Kerja
Perasaan
cemas, merupakan masalah yang dihadapi mayoritas orang yang baru
memasuki dunia kerja. Akan tetapi, jangan terlalu khawatir sebab itu
merupakan hal yang wajar jika fresh graduate merasa cemas, karena mereka
akan memasuki lingkungan baru, yakni dunia kerja, yang belum pernah
mereka alami sebelumnya. Agar mudah beradaptasi dengan lingkungan baru,
dan bahkan bisa cepat bersosialisasi dan berprestasi, Berikut ini ada 11
tips yang akan membantu anda cepat beradaptasi di tempat kerja baru.
11 Tips Cepat Beradaptasi di Lingkungan Kerja
Tips
Saya baru saja memasuki dunia kerja, bagaimanakah caranya untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan kantor yang baru? Pertanyaan semacam itu mungkin sering menghinggapi para fresh
graduate yang baru saja memasuki dunia kerja. Pertanyaan yang muncul
bersama dengan rasa sungkan, kikuk, bingung dan takut, yang bercampur
aduk menjadi satu. Anda bisa membayangkan, jika sebelumnya anda terbiasa
dengan dunia kuliah dengan segala atribut dan kegiatan yang sudah
akrab, tiba-tiba menghadapi suasana baru yang belum pernah anda rasakan
sebelumnya. Jika dilihat, biasanya rasa cemaslah yang paling mendominasi.
Kecemasan itu muncul karena seseorang berpikir terlalu berlebihan. Dia
menganggap dirinya tak akan mampu menghadapi masalah yang akan
menimpanya, alias memiliki pemikiran-pemikiran yang negatif mengenai
mampu tidaknya Ia menghadapi dunia kerja. Perasaan cemas, merupakan masalah yang dihadapi mayoritas orang yang
baru memasuki dunia kerja. Akan tetapi, jangan terlalu khawatir sebab
itu merupakan hal yang wajar jika fresh graduate merasa cemas, karena
mereka akan memasuki lingkungan baru, yakni dunia kerja, yang belum
pernah mereka alami sebelumnya. Agar mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, dan bahkan bisa cepat
bersosialisasi dan berprestasi, Berikut ini ada 11 tips yang akan
membantu anda cepat beradaptasi di tempat kerja baru.
1. Jurus 4S
Jurus 4SGunakan jurus 4S ala Aa Gym, yaitu: Senyum, Salam, Sapa, dan Santun
terhadap semua jajaran karyawan di tempat kerja baru, mulai dari satpam,
office Boy, hingga supervisor, manajer, dan tentunya big boss. Jurus 4 S
ini ibarat sebuah rumah dengan pintu yang terbuka, sehingga orang-orang
tak enggan memasukinya. Anda akan cepat mengenal dan dikenal karyawan
lain, serta keberadaan anda akan relatif diterima dengan senang hati
2. Beradaptasi itu Wajib
Beradaptasi itu WajibBeradaptasi itu wajib. Anda harus siap dengan berbagai hal jika
memasuki lingkungan kerja yang baru, mulai dari iklim kerja, perubahan
pertemanan di kantor baru, atasan baru, gaji baru dan yang pastinya ada
tantangan baru yang menanti anda di depan. Siapapun akan grogi dan
berdebar-debar ketika masuk pada hari pertama kerja karena belum
mengenal suasana yang ada di dalam kantor yang baru. Kemampuan
beradaptasi yang baik sangat diperlukan disini. Semakin cepat berdaptasi
maka semakin cepat pula anda menguasai lingkungan kerja saat ini.
3. Fokus Pada Saat Proses Perkenalan
Fokus Pada Saat Proses PerkenalanFokuskan Perhatian Saat Proses Perkenalan. Tim HRD berperan penting
ketika masuk pada hari pertama sampai minggu pertama, karena anda akan
mendapatkan bimbingan dan arahan mengenai tugas-tugas anda di kantor
yang baru. Minggu pertama biasa nya disebut sebagai minggu perkenalan,
sebab pada minggu pertama akan diperkenalkan dengan berbagai macam
informasi internal perusahaan. Mulai dari struktur organisasi, visi dan
misi perusahaan, serta lingkungan departemen yang baru. Pada minggu ini,
fokuskan diri anda, usahakan jangan tidur terlalu malam agar keesokan
harinya fokus akan tetap terjaga dan selalu fit 100% dalam melaksanakan
tugas anda.
4. Sopan Santun
Sopan SantunRasa minder ketika berpapasan dengan atasan atau bos itu merupakan
hal wajar, tapi mulai sekarang kurangi hal itu. Sapalah dengan nada
bicara yang sopan sambil basa basi bertanya seputar lingkungan kerja.
Bersikap sopanlah kepada semua orang yang ditemui, tunjukan jika anda
merupakan pribadi yang ramah dan santun. Dengan cara ini anda akan
sangat mudah untuk dikenal.
5. Kumpulkan Semua Informasi
Kumpulkan Semua InformasiKumpulkan semua informasi yang ada di tempat kerja dengan cermat,
jika perlu mencatat dan menyimpannya dengan baik. Anda bisa bertanya
kepada teman tentang kondisi tempat kerja, apa kebiasaan karyawan,
karakter bos, aturan-aturan tak tertulis, dan segala pernak-pernik yang
terkait dengan itu semua. Dengan mengantongi informasi secara jelas,
kita akan bisa menyesuaikan sikap dan tindakan sesuai tuntutan
lingkungan.
6. Pelajari Aturan Tertulis
Pelajari Aturan TertulisPelajari aturan tertulis perusahaan yang biasanya tercantum dalam
panduan karyawan, dan jangan pernah berusaha melanggar aturan sedikit
pun, karena sekali melanggar peraturan yang ada, maka anda akan di cap
jelek pada kesan pertama di kantor yang baru.
7. Datang Tepat Waktu
Datang Tepat WaktuDatanglah ke kantor sekitar 10-20 menit sebelum jam kerja, dan
pulanglah sekitar 10-20 menit setelah jam kantor, dan gunakan waktu yang
ada untuk mengamati dinamika yang terjadi di kantor, dan catatlah
hal-hal yang anda penting.
8. Baca dan Pahami Tugas Anda
Baca dan Pahami Tugas AndaBaca dan pahami betul deskripsi tugas anda, serta jangan takut
bertanya kepada pihak yang anda anggap berkompeten jika menemui
kesulitan. Jangan khawatir, biasanya, sebelum menjadi karyawan yang
sebenarnya, ada masa-masa job training di mana akan dibimbing untuk bisa
memahami tugas anda. Gunakan masa-masa itu untuk benar-benar mengerti
apa yang harus dilakukan. Jika perlu, carilah literatur-literatur baik
di buku-buku, majalah maupun internet yang berhubungan dengan job saat
ini.
9. Fisik Harus Kuat
Fisik Harus KuatPastikan fisik dan spirit anda selalu bugar. Olahraga teratur,
sarapan pagi dengan porsi cukup, mandi dengan bersih, mengenakan busana
rapi yang terseterika dan jika perlu wangi. Sebab, kondisi tubuh yang
kucel, kumal, kusut, seringkali membuat kita merasa kurang percaya diri
yang akan meningkatkan perasaan cemas kita. Untuk menguatkan spiritual
kita, beribadah dan berdoalah sesuai dengan keyakinan kita.
10. Atur Tempat Kerja Anda
Atur Tempat Kerja AndaAtur tempat kerja anda. Pelajarilah dimana akan bekerja dan seberapa
besar ruang tempat anda bekerja. Jika harus berbagi meja dengan rekan
kerja lain nya, maka diskusikan bagaimana pembagiannya dan cara
merapikan nya.
11. Lakukan Sebaik Mungkin
Lakukan Sebaik MungkinGunakan semua upaya untuk bisa melakukan job-job sebaik mungkin.
Jangan dahulu berpikir soal gaji dan imbalan. Ada peribahasa berbahasa
Jawa berbunyi, “golek jeneng sik, nembe jenang” artinya, carilah jeneng
(nama, reputasi) baru jenang (makanan terbuat dari tepung, maksudnya
imbalan, gaji, dan sebagainya). Jika bisa mengerjakan job pertama dengan
baik, biasanya anda akan lebih percaya diri menghadapi job-job
selanjutnya, dan lama-lama akan merasa lebih rileks dan tenang. Demikianlah 11 tips yang bisa dilakukan oleh fresh graduate yang baru
saja memasuki dunia kerja. Jika hal tersebut dilakukan, bukan sekadar
cepat beradaptasi, mungkin anda pun akan cepat bersinar sebagai rising
star di tempat kerja yang baru. Selamat mencoba
No comments:
Post a Comment