29 August 2017

Mengubati Batuk dengan Herba

Cara Mengubati Batuk dengan Herba

Pola hidup sehat sangat diperlukan agar kita dapat terhindar dari berbagai penyakit. Jika tubuh terserang suatu penyakit, tentunya aktivitas yang kita lakukan juga menjadi terganggu. Salah satu penyakit yang sangat mengganggu kegiatan yaitu batuk.
Batuk terjadi akibat bakteri, virus, debu, serbuk sari atau zat lain mengganggu saluran rongga udara diantara paru-paru dan tenggorokan. Sedangkan batuk kronis terjadi karena di dalam tubuh terdapat penyakit yang serius.
Batuk merupakan penyakit yang termasuk susah disembuhkan. Sebab, untuk benar-benar sembuh dari batuk diperlukan waktu yang lumayan lama. Terkadang meskipun kita sudah meminum obat yang dibeli di apotek, batuk masih saja mengganggu.
Pengobatan Batuk

Cara Alami Mengubati Batuk

Sebenarnya ada alternatif mengubati batuk yangboleh kita lakukan, yaitu menggunakan bahan-bahan alami. Bahan alami yang ada di sekitar kita juga banyak yang dikenal ampuh mengubati batuk.

Madu Lebah

Madu Lebah
Madu terbukti secara ilmiah memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan berbagai pengobatan. Salah satu manfaat madu yang banyak diketahui orang yaitu untuk mengobati batuk.
Madu dapat diminum secara langsung atau dicampur dengan bahan lain seperti lemon atau minyak kelapa. Madu mampu meringankan rasa gatal di tenggorokan karena memiliki sifat anti bakteri. Olaeh karena itu, madu efektif meringankan batuk yang Anda derita.

Teh mint

Teh Mint
Mint merupakan obat yang diakui untuk mengobati batuk, bronkhitis, infeksi salurna pernafasan bagian atas dan batuk berdahak di Jerman.
Daun mint mampu merelaksasikan otot trakeal dan ileal serta mengurangi inflamasi sehingga dapat mengurangi gejala batuk.
Anda bisa mengobati batuk dengan membuat teh mint. Caranya seduh 2 sendok daun mint dalam secangkir air mendidih selama kurang lebih sepuluh menit. Kemudian saring air rebusan tersebut.
Anda juga dapat menambahkan madu dan lemon agar rasanya semakin nikmat dan membuat khasiatnya semakin ampuh.

Jahe (Halia Bara)

Jahe
Jahe (Halia Bara) merupakan bahan herbal yang telah lama digunakan dalam pengobatan. Jahe juga sudah umum digunakan oleh praktisi medis dari timur untuk mengatasi gejala demam dan flu. Hal ini karena jahe memiliki kandungan antihistamin dan kemampuan decongestant yang ampuh.
Caranya mengobati batuk dengan jahe yaitu dengan merebus jahe yang telah dipotong-potong kemudian air rebusan tersebut diminum setelah dingin. Tambahkan lemon atau madu sebagai penyedap air rebusan jahe. Jika rasanya masih terlalu pedas bisa tambahkan air lagi.
**
Cara alami mengubati batuk tersebut semoga dapat membantu Anda yang sedang mengalami batuk. Selain itu, jauhi juga makanan berminyak dan gorengan ketika batuk agar batuk yang dideritai tidak semakin parah.
Jika batuk semakin menjadi, sebaiknya pergi ke Doktor atau Petugas kesehatan.

No comments: