20 October 2017

Musim Haji Tahun 1953 di Mekkah

Musim Haji Tahun 1953 di Mekkah

Melihat sekilas bagaimana suasana musim haji di tahun 1953 dan melihat orang-orang berhaji pada masa itu. Perhatikan bahwa di masa kini Masjidil Haram dan Mekkah sudah sangat berubah mengikuti perkembangan jaman. Satu yang tidak berubah, Ka'bah.

Ka'bah dari dekat, 1953

Area Ka'bah dan Mataf 1953. Di belakangnya tidak ada lantai-lantai masjid seperti sekarang.

 Jumrah dulunya hanya pilar batu yang tidak seberapa besar. Melemparnya sebagai simbol mengusir setan.
Tenda-tenda di Arafah, didirikan di sebelah gunung Arafah

Bercukur
 Rumah-rumah dan hotel yang berada di sekitar Masjidil Haram. Banyak di antara bangunan-bangunan bersejarah ini yang dimusnahkan untuk ekspansi bangunan Masjidil Haram.
Pintu masuk Ka'bah 

Pelaksanaan Thawaf, tidak secrowded sekarang.

 Tiba menggunakan pesawat untuk berhaji.
Bis, sarana bertransportasi untuk pergi haji

Sholat sementara onta mereka nungguin

 Moslem Only
Tiba untuk berhaji menggunakan feri

Di Mina, para peziarah sedang memasak
Para peziarah mengumpulkan kebutuhan hidup selama mereka berhaji
Di pasar dekat Masjidil Haram, para peziarah sedang menawar hewar kurban



Kuda dan pedati, salah satu alat transportasi penting


Coca cola!
Semua foto-foto pada tulisan ini adalah milik National Geography Magazine.
by MiminATN@JKT58

Basikal Masa Depan

Sepeda Masa Depan: Nyeleneh

Pernah nggak membayangkan konsep sepeda yang sedikit nyeleneh, misalnya yang tanpa jari-jari atau yang bisa dinaiki dengan posisi menyamping atau lainnya? Inovasi memang tidak pernah berhenti dan hasilnya antara lain ada sepeda ampibi raksasa yang aneh hingga sepeda yang bisa dilipet-lipet. Beberapa konsep sepeda ini mengandalkan portabiltas, mudah digunakan, juga yang murah harganya. Aneh-aneh...





Sepeda Ampibi: Di-Cycle


Jangan kaget kalo ketemu sepeda model gini lagi liwat trus nyemplung ke kolam atau kali. Ini sepeda memang dirancang untuk bisa dinaiki di darat dan juga di air. Sepeda ini bisa ditemui di Belanda sono, tepatnya di kota Helmond. Dibuat untuk masyarakat di situ agar mudah bertransisi antara perjalanan darat dan air.

Sepeda Lipat ‘One’ by Thomas Owen


Sepeda lipat ini berpenampilan futuristis dan bisa dilipat menjadi bentuk yang sangat kompak dan kecil. Tujuannya adalah membuat sepeda super-portable untuk mempermudah transport dalam kota. Bingung juga gimana ngelipetnya jadi seperti itu ?

Sepeda "Samping"


Naik sepeda menghadap ke depan sudah biasa, ini sepeda dinaiki dengan posisi seperti main snowboard, jadi menghadap samping. Punya sebuah tempat duduk dan setang di sisi-sisinya, kata yang bikin -Michael Killian - dari 10 orang, cuma 6 orang yang bisa menguasainya. Ehm, ga usah deh...



Sepeda Lipat Rotasi



Sepeda ini didesain oleh Yirong Yang dan full adjustable. Anda bisa rubah-rubah posisi setangnya, sadelnya, dan jarak antara roda depan dan belakangnya. Sepeda ini sekaligus juga bisa digunakan sebagai sepeda roda tunggal dan jangan lupa, bisa dilipet juga.

Josef Cadek Locust Bicycle




Lagi-lagi sepeda ini didesain dengan konsep yang sama, sekompak mungkin. Sepeda yang konsepnya dibuat oleh Josef Cadek ini mampu dilipat menjadi frame bulat. Jadi enak kalo ditenteng-tenteng naik kereta atau busway.

Hyper Bike by Body Rite


Sepeda yang satu ini memang cocok buat suka olahraga. Menaikinya berarti Anda akan melakukan beberapa olahraga sekaligus: panjat tebing, berenang, dan berlari untuk membuatnya bisa bergerak ke depan. Fuih...

Sepeda Kayu


Sepeda yang diberi nama "Rennovatia" ini dibuat oleh Jens Eichler, seorang mahasiswa, dari bahan plywood alias triplek. Kebayang beratnya sepeda ini...

Eco-Friendly and Adaptable Versabikes



Desain anehnya seperti menggambarkan seseorang dengan tangan dan kakinya. Versabike ini juga full adjustable, bisa diubah-ubah setelannya sesuka hati. Hasilnya tidak hanya untuk orang dewasa saja, bahkan sepeda ini bisa dipake juga oleh anak-anak. Desainnya ramah lingkungan karena dibuat dari bahan yang bisa didaur ulang dan juga ketika sedang dinaiki bisa dibikin melar atau diciutin. Keren...

The Shift Bicycle


Lihat desainnya jadi inget sepeda roda tiga jaman dulu. Tapi ternyata roda belakangya yang terangkat membantu keseimbangan saat kecepatan rendah. Roda-rodanya akan bergeser ke dalam ketika anak pertama mencoba menggerakkannya, membuat keseimbangan bergeser bertahap dari sepeda ke anaknya. Cara ini membuat transisi ke sepeda roda dua menjadi sedikit lebih mudah.

A-Bike: Sepeda Lipat Terkecil di Dunia


Sepeda ini rodanya kecil sekali, dibuat agar bisa dilipat sekecil mungkin. Beratnya cuma 5,5 kg dan hanya membutuhkan waktu 10 detik untuk melipat dan menyusunnya kembali. Meski rodanya kecil, sepeda ini bisa dinaiki secepat sepeda biasa tanpa harus mengayuhnya leih cepat.

Sepeda Minimalis Tanpa Jari-jari



Suka yang berbau minimalis? Sepeda Nulla ini cocok buat Anda. Nggak pake rantai, gak ada jari-jari (ruji), sadelnya sangat unik di ujung framenya, rodanya keliatan sedikit ringkih, tapi yang jelas sangat bergaya.


Sepeda Roda Kotak


Sulit dipercaya, tapi sepeda ini kalo dipake akan berasa lebih halus dan lebih nyaman dari apa yang dikira. Rahasianya adalah di bentuk jalan dimana rodanya berputar di atasnya. Roda-rodanya menjaga sepeda berjalan di garis lurus dan pada kecepatan konstan selama berjalan bahkan di atas jalan yang tidak rata, yang disebut sebagai "inverted catenary".

Anjungan Minyak Raksasa

Memindahkan Anjungan Minyak Raksasa

Memindahkan barang bukan pekerjaan yang sulit kecuali yang satu ini. Bukan hanya sulit tapi juga berat... Seperti halnya membuatnya, diperlukan rekayasa teknik yang mumpuni untuk memindahkan anjungan minyak raksasa ini.


Objek Terbesar yang Pernah Dipindahkan

Sebuah anjungan minyak lepas pantai raksasa ditarik menuju lokasi lepas pantai. Tahun 1996 Troll A ini pernah menjadi platform lepas pantai terbesar di dunia di Guiness World Record. Tingginya menjulang hinggan 500 meter dengan berat mencapai 656.000 ton! Pernah menjadi objek buatan manusia terbesar yang pernah ditarik sebelum kemudian dipatahkan oleh Petronius milik Texaco.


Lebih besar dari semua pesawat kargo, lebih tinggi dari hampir semua menara TV, wahana ini butuh tim kapal-kapal titanic untuk menyeretnya ke lokasi lain. Bayangkan cipratan airnya jika benda ini roboh!


Beratnya saat diseret adalah sebesar 1,2 juta ton, tinggi 472 meter, dengan struktur di bawah air setinggi 369 meter, dan beratnya: 656.000 ton... Tidak banyak orang menyadari bagaimana sesungguhnya tinggi benda ini. Berikut ini perbandingannya dengan menara Eiffel.


Bandingkan juga tinggi dari beberapa anjungan minyak lainnya dengan bangunan-bangunan tertinggi di dunia ("Troll A" tidak ada dalam gambar, tapi tingginya mencapai 472 meter):


(ini adalah anjungan lain di Laut Utara yang sedang ditarik, lengkapnya di sini)

Yang ini bukan anjungan, melainkan gunung es saat disingkirkan!


Raksasa-raksasa Penghirup Minyak

Troll A bukan satu-satunya (lebih lengkap di sini). Ada beberapa monster lagi di ladang minyak Laut Utara - yup, inilah si "B" dan "C".



Yang ini Troll A:



Wahana gas Goldeneye di Laut Utara sebelah utara, Inggris, kelihatan kecil dibanding dengan tinggi Troll A yang 500 meter (kanan):


Yang ini dilihat dari dalam kolomnya:



Usaha memindahkan wahana ini hanya sebanding dengan membuatnya (konstruksi Troll A pernah dianggap pencapaian rekayasa manusia terhebat hingga penghujung abad 20). Kehebatan konstruksinya jelas terlihat pada gambar-gambar ini: itu kapal-kapal adalah kapal besar, bukan perahu!



Bagaimana Troll A dirakit dan dipindahkan sangat luar biasa. Biasanya kaki-kaki anjungan dibawa di sampingnya dan kemudian - dibantu alat apung - dijatuhkan di lokasinya (tenggelam di perairan). Yang satu ini, seluruhnya dirakit di satu lokasi, dan lalu diapungkan!



Di bawah ini merupakan gambar yang menunjukkan betapa besarnya anjungan ini - melihat interior rig "StatOil" lebih dari 1,5 kilometer sebelah barat Sleiper West di Laut Utara:



Yang ini anjungan "Nortrym" di Statfjord - aslinya bukan cuma satu. Lihat bagian kanan bawah untuk lokasi unit-unit ini:






Kompleks pengembangan minyak dan gas Ekofisk, 200 mil dari Norwegia:




Anjungan Minyak Menghadang Ombak Samudera

Rig minyak raksasa seringkali berhadapan langsung dengan ganasnya samudera dan terkadang mengalami keruskan serius karenanya, terutama yang tertambat ke satu tempat dan tidak mudah dipindahkan jika badai mendekat.



Anjungan minyak "Borgila" dan "Nortrym" merupakan sekian dari banyak yang terkena dampak dari badai topan dan kemungkinan terjadinya kebakaran dan kebocoran minyak:




Bencana akibat tumpahan minyak akhir-akhir ini membuat manusia memikirkan kembali upaya keselamatan dari anjungan.




Anjungan minyak "Gullfaks C" bertahan dari keganasan alam, badai Laut Utara (dengan tinggi ombak mencapai 7 meter).



Suatu model gelombang dibuat untuk menguji anjungan minyak (lebih lengkap di sini dan video ganasnya ombak di sini):



Terakhir - berikut ini gambar yang menunjukkan "Troll A" sedang dihantam badai.